Sulit Punya Rumah? Ini Rahasia Milenial untuk Sukses!

Kamis, 22 Agustus 2024 - 15:48 WIB
loading...
Sulit Punya Rumah? Ini...
foto: shutterstock
A A A
JAKARTA - Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya bagi para milenial, membeli rumah seakan hanyalah angan-angan. Berbagai faktor mulai dari kenaikan harga rumah yang melejit hingga besaran gaji yang tak sepadan. Belum lagi jarak tempat tinggal yang jauh dari tempat kerja sehingga menjadikan banyaknya pengeluaran biaya untuk keperluan sehari-hari.

Kenaikan Harga Rumah & Lonjakan Bunga
Harga rumah yang semakin naik memang kerap menjadi alasan utama milenial sulit memiliki rumah. Melansir situs resmi CEIC Data, pertumbuhan Harga Rumah Indonesia dilaporkan sebesar 1.9 % pada Maret 2024. Rekor ini naik dibanding sebelumnya, yaitu 1.7% pada Desember 2023.

Di sisi lain, dalam catatan detikFinance, harga rata-rata rumah di Jakarta sudah di atas Rp 1 miliar. Adapun angka tersebut dinilai sudah tak masuk akal terutama bagi milenial yang memiliki gaji UMP (Upah Minimum Provinsi). Adapun naiknya harga rumah biasanya terjadi karena beberapa hal, mulai dari lokasi yang strategis, wilayahnya bebas banjir hingga fasilitas memadai.

Selain itu, naiknya suku bunga acuan juga menjadi alasan lain milenial mengurungkan niat untuk membeli rumah. Pasalnya, kenaikan suku bunga membuat cicilan rumah dengan bunga floating juga melonjak. Dengan begitu, dana yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah semakin besar.

Wajib Persiapkan Ini Sebelum Beli Rumah

1.Tentukan Tujuan ke Depan: Tentukan target pembelian rumah misal dalam lima tahun, beli rumah sesuai dengan kemampuan apakah rumah baru, rumah second, atau membeli tanah kemudian dibangun sendiri. Dari situ, kamu bisa menentukan berapa jumlah uang yang perlu disisihkan setiap bulannya untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Rencanakan Keuangan: Hitung dan atur anggaran pembelian rumah, mulai dengan menghitung total biaya yang diperlukan kemudian kalkulasikan dengan pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya. Tentukan berapa banyak yang bisa dialokasikan untuk membeli rumah, baik itu untuk uang muka maupun cicilan bulanan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan pengeluaran lain seperti perawatan rumah, pajak properti, dan asuransi.

3. Atur Lifestyle:Kurangi pengeluaran tidak penting dan bijak membelanjakan uang, dengan mengurangi makan diluar, belanja pakaian secukupnya. Fokus pada kebutuhan primer, untuk bisa membantu meningkatkan kemampuan menabung beli rumah.

4. Pilih Lokasi yang tepat & Developer Terpercaya : Lokasi sangat mempengaruhi nilai properti. Lakukan riset mengenai area rumah yang diminati, termasuk aksesibilitas, fasilitas umum, lingkungan, dan potensi pengembangan di masa depan. Kenali developer, pastikan memiliki track record yang jelas.

5. Manfaatkan Teknologi: Gunakan aplikasi atau platform online Homespot, untuk mencari properti dari developer yang terpercaya karena sudah melalui kurasi oleh BRI, membandingkan harga, sekaligus bisa mendapatkan simulasi KPR BRI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)