Menakar Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan BI

Kamis, 19 September 2019 - 10:40 WIB
Menakar Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan BI
Menakar Peluang Penurunan Suku Bunga Acuan BI
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) diperkirakan bakal menurunkan suku bunga BI7-day repo rate sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,25% dalam pertemuan lanjutan yang bakal digelar hari ini. Hal ini melihat sektor riil yang membutuhkan dorongan untuk menjaga inflasi agar tetap rendah.

"Peluang untuk turunkan bunga acuan sebesar 25 bps masih ada. Melihat rupiah relatif stabil dan inflasi cenderung rendah," ujar Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudisthira saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (19/9/2019)

Dia menambahkan Bank sentral di negara lain juga terus melakukan pemangkasan bunga acuan. Bagi perekonomian domestik, bunga yang lebih rendah dibutuhkan untuk menstimulus pertumbuhan kredit dan sektor riil

"Sampai akhir tahun diperkirakan bunga acuan bisa menurun di level 5% atau punya ruang hingga 50 bps untuk dipangkas," jelasnya.

Sebagai informasi, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis point menjadi 5,5%, dari sebelumnya 5,75%. Selain itu, BI juga memutuskan menurunkan suku bunga deposit facility di angka 4,75% dan lending facility di 6,25%.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9743 seconds (0.1#10.140)