Maybank Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan Pelestarian Lingkungan melalui Maybank Marathon 2024

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:23 WIB
loading...
Maybank Indonesia Perkuat...
(Foto: dok Maybank)
A A A
TANJUNG BENOA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) terus perkuat komitmen keberlanjutan pelestarian lingkungan melalui dua inisiatif utama yang termasuk dalam rangkaian Maybank Marathon 2024, yaitu penanaman mangrove dan peresmian pendirian fasilitas pengelolaan sampah organik.

Maybank Marathon 2024 merupakan kali ke-13 event ini diselenggarakan. Event lari ini akan digelar pada 25 Agustus 2024 dengan start/finish di Bali United Training Center, Gianyar, Bali. Melalui Maybank Marathon, Maybank Indonesia tunjukkan komitmennya untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Tidak hanya penanaman mangrove, inisiatif keberlanjutan ini juga turut direalisasikan lewat tersedianya fasilitas pengelolaan sampah organik, kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, hingga adanya dukungan bagi UMKM.

Komitmen keberlanjutan pelestarian lingkungan ini adalah salah satu upaya mencapai posisi netral karbon 2023, serta untuk mendukung kelangsungan ekosistem pesisir Bali, sehingga kegiatan penanaman mangrove ini sangat penting.

Sebelumnya, pada 2023, Maybank Indonesia berhasil menanam 2.000 mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Tanjung Benoa, Bali. Hingga saat ini, kondisi pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan terus dipantau untuk memastikan pertumbuhannya berjalan optimal.

Kemudian, pada 2024 ini, Maybank Indonesia akan menanam 2.500 mangrove di lokasi yang sama dengan melibatkan peserta Maybank Marathon.

Ke depannya, diharapkan dari total 4.500 mangrove yang ditanam dapat membantu menyerap 247.310,95 kg CO2 dengan masa hidup 8 tahun. Hal tersebut setara dengan menghemat tenaga listrik sebesar 277.566 kWh atau mengurangi perjalanan mobil sejauh 3,8 juta km.

Sediakan Fasilitas Pengelolaan Sampah Organik
Tidak berhenti disitu, Maybank Indonesia akan menyediakan fasilitas pengelolaan sampah organik di Desa Sanding, Gianyar yang diharapkan mampu mengolah sampah organik berkapasitas pengolahan hingga 500 kg per hari secara bertahap. Hal tersebut akan menghasilkan pupuk alami yang bermanfaat bagi pertanian lokal.

Selain itu, fasilitas pengelolaan sampah organik tersebut juga memiliki tujuan untuk mendukung Bali dalam mengatasi permasalahan sampah, baik pada lingkungan atau pariwisata, terutama, karena minimnya infrastruktur pengelolaan sampah.

Maybank Indonesia juga mendirikan fasilitas pengelolaan sampah organik berbasis Black Soldier Fly (BSF) yang akan menggandeng masyarakat dan komunitas, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi lebih optimal.

Untuk menunjang fasilitas tersebut, masyarakat sekitar akan diedukasi tentang pengelolaan dan pemilahan sampah, hingga pengenalan mengenai alur kerja fasilitas pengelolaan limbah berbasis BSF.

Program ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat dalam skema bank sampah atau untuk kepentingan umum.
Maybank Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan Pelestarian Lingkungan melalui Maybank Marathon 2024

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan. (Foto: dok Maybank)

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan mengaku sangat antusias menghadirkan berbagai inisiatif berkelanjutan melalui Maybank Marathon 2024.

“Kami sangat antusias untuk dapat meluncurkan inisiatif-inisiatif keberlanjutan Maybank Indonesia sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 di Bali,” tuturnya.

Dia berharap, berbagai inisiatif tersebut dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Bali.

“Melalui kolaborasi dengan komunitas lokal dan mitra-mitra strategis, kami berharap inisiatif keberlanjutan ini dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat Bali, selaras dengan misi Bank yaitu, Humanising Financial Services” ujar Steffano.

Melihat keadaan sekarang dalam aspek keberlanjutan, seperti pengelolaan sampah yang memiliki ketertarikan dengan iklim, Maybank Indonesia berupaya mewujudkan strategi prioritas Maybank Group, M25+, yaitu menjadi pemimpin di bidang Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (LST) di kawasan ASEAN.

“Kerja sama penanaman mangrove yang dilaksanakan bersama Jejakin dan fasilitas pengelolaan sampah organik bersama BenihBaik.com merupakan perwujudan aksi nyata kami dalam merealisasikan keberlanjutan yang menjadi dasar perjalanan bisnis kami,” tambah Steffano.

Pada kesempatan yang sama, COO Jejakin Andreas Djingga menyambut positif inisiatif Maybank Indonesia untuk kembali berkolaborasi dalam penanaman mangrove di Taman Arboretum Mangrove, Benoa, Bali tahun ini.

“Mangrove yang ditanam akan dipantau perkembangannya dengan teknologi yang kami miliki. Kami harap, komitmen pelestarian alam ini dapat terus berlanjut pada perayaan acara Maybank Marathon kedepannya,” kata Arfan.

Kemudian, Chief of Partnership BenihBaik.com Greeny Dewayanti mengatakan bahwa aktivitas CSR telah bertransformasi pada kegiatan berkelanjutan yang memenuhi asas LST jangka panjang. Hal tersebut berguna agar pengelolaan sampah tidak hanya berdampak pada perbaikan lingkungan tetapi juga pada masyarakat dan komunitas yang terlibat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekda Provinsi Bali I Wayan Serinah menekankan pentingnya upaya berkelanjutan guna terus dorong perekonomian hijau Bali.

“Pertumbuhan Bali dan upaya perlindungan lingkungan yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Maybank Indonesia sungguh luar biasa. Melalui kolaborasi ini, luas tutupan hutan Bali yang semula 23 persen kini telah meningkat menjadi 28 persen,” tuturnya.

Sebagai informasi, hutan mangrove seluas 3.000 hektare, kini telah mencapai 44 persen tutupan atau sekitar 1.300 hektare lebih dengan 17 spesies mangrove sejati dan 16 spesies lainnya. Dengan menanam 2.500 mangrove, diharapkan semua akan tumbuh subur dan hidup.

“Tugas kita bersama adalah menjaga agar mangrove ini tumbuh dan terus berkontribusi untuk lingkungan Bali dan Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Maybank Indonesia atas kontribusinya dalam menjaga bumi melalui penanaman mangrove ini. Mari kita terus berkomitmen untuk melindungi Bali dan lingkungan sekitarnya," ujar I Wayan Serinah.
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)