alexametrics

Suku Bunga Turun, Darmin Sebut Sesuaikan Kebijakan AS

loading...
Suku Bunga Turun, Darmin Sebut Sesuaikan Kebijakan AS
Menko Perekonomian Darmin Nasution. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,25% dari sebelumnya 5,50%. Selain itu, BI juga menurunkan suku bunga deposit facility di angka 4,5% dan lending facility di 6,0%.

Menanggapi ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan keputusan BI menurunkan suku bunga agar penyesuaian terhadap kebijakan moneter dari negara-negara maju di dunia seperti Amerika Serikat (AS).

Pasalnya The Fed telah menurunkan suku bunganya 25 basis poin.



"Artinya, ya memang mengantisipasi apa yang dilakukan negara lain, Amerika juga turunkan policy rate-nya, kalau kita tidak turunkan, ya kita terlalu tinggi, kita melihat hal itu dari berbagai aspek," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (20/9/2019)

Dia berharap penurunan suku bunga dapat meningkatkan daya beli masyarakat khususnya dalam kemampuan mengambil pinjaman atau kredit.

"Ini akan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk meminjam, baik kemampuan untuk berusaha secara umum maupun perumahan, segala macam," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak