Dorong Ekspor, Pertamina Boyong Mitra Binaan ke China-ASEAN Expo 2019

Sabtu, 21 September 2019 - 21:01 WIB
Dorong Ekspor, Pertamina Boyong Mitra Binaan ke China-ASEAN Expo 2019
Dorong Ekspor, Pertamina Boyong Mitra Binaan ke China-ASEAN Expo 2019
A A A
JAKARTA - Guna mewujudkan pengembangan pasar ekspor, PT Pertamina (Persero) mengirimkan enam mitra binaannya ke pameran The 16th China-ASEAN Expo (Caexpo 2019), di Nanning, China, 21-24 September 2019. Agenda tahunan yang telah diselenggarakan ke-16 kalinya ini diikuti oleh 10 negara ASEAN dan ratusan perusahaan.

Mitra-mitra binaan BUMN energi yang ikut serta dalam Caexpo 2019 tersebut adalah Bawadi Coffee (Kopi Gayo-Aceh), Ali Stone (Perajin Batu-Jawa Barat), Fitri Design Jewellery (Perhiasan-Jakarta), Tenun Rian Hidayat (kain tenun-Yogyakarta), Ratna Art Shop (Kerajinan Retak dan Rotan-Lombok) dan Toko Mahdalena (Suvenir dan perhiasan Dayak-Kalimantan). Seluruh Mitra Pertamina yang ditunjuk berkesempatan menampilkan produk terbaiknya di hadapan pengunjung dan membuka peluang kerja sama internasional untuk mereka.

Region Manager Communication, Relation & CSR Sumatera Bagian Selatan Rifky Rakhman Yusuf sebagai perwakilan delegasi Pertamina di Caexpo 2019 mengungkapkan, produk mitra binaan Pertamina itu diharapkan semakin dikenal luas di kancah internasional setelah diikutkan dalam pameran ini.

"Sebagai BUMN, kami mempunyai kepedulian dalam pengembangan kapasitas Mitra Binaan untuk menjadi unggul dan mandiri. Inilah wujud yang kami lakukan dalam Program Kemitraan Pertamina untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan agar siap memasuki pasar global. Bahkan lebih jauh lagi, dapat terjadi komitmen penjualan ekspor jangka panjang melalui ajang ini," ujar Rifky melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2019).

Dia mengatakan, ini merupakan kali pertamanya ke-6 mitra Pertamina itu mengikuti pameran internasional. Mitra binaan yang diikutsertakan ke Caexpo 2019 merupakan mitra yang telah sukses mengikuti pameran dalam negeri dan siap untuk pameran internasional.

"Untuk siap menghadapi pasar global, Pertamina memberikan pengalaman keikutsertaan dalam pameran imternasional, termasuk melakukan penjajakan business matching dengan calon pembeli potensial di pasar luar negeri," tambah Rifky.

Pameran China-ASEAN expo telah menjadi agenda penting dalam rangka pengembangan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara negara China dengan negara-negara ASEAN lainnya. Pada acara pembukaan, agenda dihadiri oleh berbagai perwakilan negara-negara ASEAN, pimpinan perusahaan di Asia, serta duta besar berbagai negara sahabat di China.

Dari Indonesia sebagai Country of Honor Caexpo 2019, dihadiri oleh Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun dan Dirjen Kerjasama Pengembangan Luar Negeri, Dodi Edward.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6416 seconds (0.1#10.140)