alexametrics

BTN Pastikan Seluruh Proses Bisnis Sesuai GCG

loading...
BTN Pastikan Seluruh Proses Bisnis Sesuai GCG
Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu memastikan, perseroan selama ini telah menjalankan bisnis sesuai dengan GCG. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu memastikan, perseroan selama ini telah menjalankan bisnis sesuai dengan GCG (good corporate governance). Dijelaskan olehnya Bank BTN saat ini telah menjadi bagian dari bank terbesar kelima di Indonesia berdasarkan besaran aset.

"Saya pastikan seluruh proses bisnis di BTN sudah berdasarkan dengan aturan dan GCG. Perseroan juga telah menjadi mitra pemerintah bertahun-tahun dalam menyiapkan pembiayaan rumah layak bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah)," tegasnya dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Sambung dia menambahkan, apalagi dalam program sejuta rumah yang diinisiasi oleh pemerintah dan menjadi program dari Kementrian Pupera, BTN menjadi pelaku utama dalam program tersebut. Lebih dari 90% program FLPP (Fasilitas Likuiditas Program Perumahan) didukung oleh BTN.



Menurutnya mustahil kalau itu tidak dilakukan sesuai dengan aturan dan pasti GCG. Oleh karena itu Nixon menampik adanya tuduhan sejumlah elemen yang melakukan demo akhir-akhir ini terkait dengan kinerja perseroan yang tidak GCG. "Mana mungkin sejumlah penghargaan yang diterima oleh BTN baik dari dalam maupun luar negeri terkait dengan GCG kalau Bank BTN tidak GCG," jelasnya.

Nixon juga meminta masyarakat dan seluruh stakeholder BTN agar tidak mudah percaya dengan aksi demo-demo itu. Terang dia, mereka yang melakukan demo itu mempunyai tujuan yang tidak baik untuk kemajuan BTN.

"Padahal BTN itu punya misi mulia membantu pemerintah dalam mendukung pembiayaan rumah bagi MBR. Masyarakat kurang mampu yang punya rumah saat ini melalui KPR itu adalah peran yang sudah dilakukan BTN. Harusnya peran itu didukung oleh semua pihak dan tidak justru sebaliknya," kata Nixon.

Oleh karena itu, dia menerangkan patut diduga ini sengaja dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Apalagi hal itu dilaukan menjelang RUPSLB perseroan pertengahan Oktober mendatang. "Kami bersama BOD yang sekarang mendapat amanah sesuai hasil RUPSLB tanggal 28 Agustus lalu solid dan akan membawa BTN mencapai target bisnis 2019 sesuai dengan RBB," paparnya.

Berdasarkan data, BTN pada (23/8) lalu menerima penghargaan The Best Indonesia GCG Implementation, kemudian pada November 2018 lalu BTN masuk dalam daftar Top 50 Asean GCG, BTN juga masuk pada Top 3 Public Listed Company di Indonesia dalam penerapan GCG. Pada 2017 BTN menerima Annual Report Award terkait penerapan GCG perusahaan BUMN perbankan listed company.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak