Akses Perbankan Belum Merata, Darmin Sebut Jadi Peluang Fintech

Senin, 23 September 2019 - 17:57 WIB
Akses Perbankan Belum Merata, Darmin Sebut Jadi Peluang Fintech
Akses Perbankan Belum Merata, Darmin Sebut Jadi Peluang Fintech
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menerangkan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum menjangkau layanan perbankan. Apalagi untuk mengakses keuangan yang berbasis digital.

"Masih ada jumlah nasabah banyak yang belum memiliki akses perbankan," ujar Menko Darmin dalam acara Indonesia Fintech Summit Expo (IFSE) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (23/9/2019).

Menko Darmin yang didamping oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menambahkan para pelaku Financial Technology (Fintech) harus mengambil peluang dalam meningkatkan inklusi keuangan.

Pasalnya cara kerja Fintech memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses layanan keuangan. “Masyarakat butuh layanan keuangan yang lebih mudah dan favourable. Fintech dapat memegang peranan ini," jelasnya.

Berdasarkan data, saat ini fintech telah menjangkau 70% masyarakat perbankan dan non-perbankan (unbankable). Adapun saat ini total Fintech yang resmi dan terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia sebanyak 169 aplikasi. "Kedepan potensi Fintech akan semakin besar," lanjutnya.

Darmin juga berharap ketika sudah menjangkau seluruh masyarakat, diharapkan kontribusi Fintech bisa lebih besar lagi. Khususnya kepada ekosistem ekonomi digital dengan cara mengedukasi masyarakat dari sisi keamanan. "Masih banyak tantangan terutama infrastruktur. Dibutuhkan koordinasi berbagai pihak," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1071 seconds (0.1#10.140)