alexametrics

Sri Mulyani Akui Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3% Cukup Menantang

loading...
Sri Mulyani Akui Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3% Cukup Menantang
Sri Mulyani mengakui bahwa asumsi pertumbuhan ekonomi 5,3% sangat menantang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% di tahun 2020 cukup menantang. Seperti diketahui, DPR mengesahkan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% pada APBN 2020.

"Asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% dalam suasana kecenderungan perlemahan ekonomi global akan cukup menantang dan menghadapi risiko ke bawah," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Dia mengatakan pemerintah menyiapkan sejumlah upaya untuk mencapai target tersebut, yaitu melalui reformasi struktural di berbagai bidang. "Untuk itu, reformasi struktural di sektor riil untuk meningkatkan daya tarik investasi, peningkatkan daya saing dan produktivitas dari berbagai pelaku ekonomi untuk mendorong eskpor, menjadi sangat penting," jelasnya.



Pemerintah juga melakukan penyederhanaan regulasi serta kecepatan pelayanan, baik dari kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. Itu dilakukan untuk meningkatkan investasi.

"Sementara itu konsumsi domestik akan terus dijaga dengan menjaga kepercayaan konsumen melalui perbaikan kesejahteraan, menurunkan kemiskinan, penciptaan kesempatan kerja, dan menjaga daya beli masyarakat," jelasnya.

Dia berjanji memberikan manfaat perekonomian Indonesia sebesar-besarnya kepada masyarakat secara lebih merata. Di antaranya, ditunjukkan pada perbaikan target indikator kesejahteraan rakyat, sekaligus mencerminkan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Momentum positif kinerja perekonomian dan upaya reformasi struktural dan reformasi fiskal dalam beberapa tahun terakhir merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia untuk melanjutkan tren peningkatan kinerja perekonomian nasional ke depan," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak