alexametrics

PT PP Targetkan Jalur KA Bandara Adi Soemarmo Selesai Akhir Tahun

loading...
PT PP Targetkan Jalur KA Bandara Adi Soemarmo Selesai Akhir Tahun
Manajemen PT PP saat mengunjungi pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo, Solo. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PT PP (Persero) Tbk menyatakan pembangunan jalur Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Solo, ditargetkan selesai pada Desember 2019. Saat ini, progres pengerjaan jalur tersebut sudah mencapai 97%.

Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea mengatakan, jalur KA Bandara Soemarmo tersebut langsung terhubung dengan terminal penumpang Bandara Adi Soemarmo yang juga dikerjakan oleh PT PP.

"Pembangunan jalur kereta api tersebut sudah mencapai 97 % dan ditargetkan selesai di Desember 2019," ungkap Andi Gani, dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (26/9/2019).



Menurutnya, pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo tersebut lebih cepat dari target yang dicanangkan. Jalur KA bandara ini dapat membantu mobilitas penumpang dari Kota Solo menuju Bandara Adi Soemarmo yang sekarang ditempuh dalam 40 menit menjadi 15 menit saja.

"Dengan beroperasinya jalur kereta api bandara tersebut jarak tempuh dari Bandara Adi Soermarmo ke Stasiun Solo Balapan hanya 15 menit," imbuh Andi Gani. Dia juga meminta kepada jajaran PT PP untuk selalu menjaga kualitas pekerjaan dan keselamatan kerja pada pengerjaan proyek jalur KA Bandara Soermarmo.

Sebagai informasi, panjang total jalur KA antara Stasiun Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo adalah 13,5 km. Jalur kereta api tersebut dibagi menjadi 2 segmen, yaitu segmen 1 sepanjang 3,5 km yang merupakan jalur KA eksisting dan segmen 2 sepanjang 10 km adalah jalur KA baru.

Proyek KA Bandara Adi Soemarmo ini merupakan sinergi dari pemerintah melalui APBN dengan sinergi dari beberapa, BUMN yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), dan PT PP Tbk.

Selain mengerjakan proyek jalur Kereta Api Bandara Adi Soemarmo, PT PP juga mengerjakan proyek jalur kereta api lainnya, seperti jalur Kereta Api Makassar-Parepare dan Gombong-Kroya.

Sebelumnya, pada kunjungannya ke Bandara Adi Soemarmo, Andi Gani Nena Wea didampingi Komisaris PT PP Sumardi, Direktur Infrastruktur PT PP M Toha, SVP Infra Yul Ari, dan jajaran manajemen PT PP lainnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak