alexametrics

Sektor Internet Sumbang USD2,1 Triliun pada Ekonomi AS

loading...
Sektor Internet Sumbang USD2,1 Triliun pada Ekonomi AS
Sektor internet menyumbang sekitar Rp2.940 triliun pada PDB AS tahun 2018. Foto/Ilustrasi
A+ A-
WASHINGTON - Sektor internet yang tumbuh pesat berkontribusi hingga USD2,1 triliun (sekitar Rp2.940 triliun) pada perekonomian Amerika Serikat (AS) tahun 2018 atau sekitar 10% dari produk domesti bruto (PDB).

Angka tersebut diutarakan oleh Asosiasi Internet (The Internet Association), sebuah kelompok yang merepresentasikan Amazon.com Inc, Facebook Inc, Alphabet Inc (Google), Twitter Inc, Uber Technology Inc dan banyak lagi perusahaan teknologi berbasis internet di Negeri paman Sam.

Sebuah studi menyatakan bahwa sektor internet menjadi salah satu dari empat sektor terbesar ekonomi AS, setelah real estat, pemerintah dan manufaktur. Tahun lalu sektor manufaktur AS menyumbang sekitar USD2,3 triliun pada ekonomi AS.



Studi tersebut juga menunjukkan bahwa sektor internet menciptakan hampir 6 juta pekerjaan langsung, yang merupakan 4% dari lapangan kerja di AS. Perusahaan internet juga menggelontorkan USD64 miliar dalam bentuk belanja modal. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa sektor internet mendukung 13 juta pekerjaan lain secara tidak langsung.

Biro Analisis Ekonomi AS (US Bureau of Economic Analysis/BEA) April lalu mengestimasi ekonomi digital berkontribusi atas 6,9% dari PDB AS di tahun 2017 atau senilai USD1,35 triliun. Kontribusi itu mencakup infrastruktur digital, transaksi e-commerce dan media digital, namun tidak termasuk layanan berbagi tumpangan dan barang/jasa lainnya yang terkait sharing economy.

Studi Asosiasi Internet tersebut menggunakan sensus, BEA, dan data SEC pemerintah dari 2018 untuk memperkirakan kontribusi sektor internet pada ekonomi AS. Ekonom Kepala Asosiasi tersebut Christopher Hooton mengatakan, industri internet menciptakan pekerjaan di setiap sektor ekonomi dan analisis terbaru ini menangkap lebih akurat dampak ekonomi internet.

Studi oleh BEA juga menunjukkan bahwa pekerja yang bekerja di bidang ekonomi digital AS menghasilkan pendapatan rata-rata USD132.223 (sekitar Rp1,85 miliar) per tahun pada 2017, dibandingkan penghasilan rata-rata pekerja di seluruh sektor ekonomi AS lainnya yang sebesar USD68.506 (sekitar Rp959 juta).
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak