alexametrics

Semester I, Laba Bersih Antam Naik 6% Jadi Rp365,75 Miliar

loading...
Semester I, Laba Bersih Antam Naik 6% Jadi Rp365,75 Miliar
Laba bersih ANTM pada semester I-2019 meningkat menjadi Rp365,75 miliar. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mencatat pertumbuhan kinerja operasi dan keuangan unaudited yang positif pada semester I-2019. Antam mencatat laba bersih sebesar Rp365,75 miliar, atau tumbuh 6% dibandingkan laba bersih semester I-2018 sebesar Rp344,45 miliar.

Pertumbuhan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama Antam terefleksikan pada capaian tingkat penjualan bersih sebesar Rp14,43 trilun, alias tumbuh 22% dibandingkan capaian penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp11,82 triliun.

Kinerja keuangan perseroan yang solid juga terefleksikan dari pertumbuhan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization (EBITDA) sebesar Rp1,46 triliun, atau tumbuh 6% dibandingkan capaian EBITDA periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,38 triliun.
"Komoditas emas merupakan komponen terbesar pendapatan perusahaan, berkontribusi sebesar Rp9,61 triliun atau 67% dari total penjualan bersih semester pertama tahun ini," dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Selasa (1/10/2019).



Kinerja keuangan Antam yang solid tercermin pula pada kenaikan corporate credit rating S&P Global Antam 2019 dari rating "B-/outlook positive" menjadi rating "B/outlook positive", serta kenaikan peringkat Korporasi dan Obligasi Bekerlanjutan I Tahun 2011 yang dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dari rating "idA-/outlook stable" menjadi rating "idA/outlook stable", seiring dengan outlook pertumbuhan positif kinerja keuangan dan operasi Antam sepanjang periode 12 bulan ke depan.

Pertumbuhan positif kinerja operasi dan penjualan komoditas utama Antam pada, tercermin pada volume produksi feronikel yang mencapai 13.017 ton nikel dalam feronikel (TNi), naik 2% dibandingkan capaian produksi periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 12.811 TNi.

Sejalan dengan pertumbuhan volume produksi, penjualan feronikel pada semester pertama tahun ini tercatat sebesar 13.157 TNi, atau naik 5% dibandingkan periode periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 12.579 TNi.

Penjualan feronikel di semester pertama tahun ini merupakan kontributor terbesar kedua dari total penjualan bersih Antam, dengan nilai penjualan sebesar Rp2,31 triliun atau 16% dari total penjualan bersih semester pertama tahun ini.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak