alexametrics

Berhadiah Rp2 Miliar, Sayembara Desain Ibu Kota Baru Digelar

loading...
Berhadiah Rp2 Miliar, Sayembara Desain Ibu Kota Baru Digelar
Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengadakan sayembara untuk membuat grand design atau rancangan besar Ibu Kota baru dengan tidak segan memberikan hadiah menggiurkan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan sayembara untuk membuat grand design atau rancangan besar Ibu Kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Seperti diketahui rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke wilayah antara Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Kabupaten Paser Penajam Utara di Kaltim tengah digodok.

Pendaftaran sayembara ini dibuka mulai tanggal 3 Oktober hingga 18 Oktober 2019 melalui website sayembaraikn.pu.go.id dan terbuka untuk umum baik WNI maupun non-WNI, perseorangan maupun kelompok.

"Tentunya ada persyaratan umum yang harus dipenuhi, yaitu memiliki kompetensi dan keahlian di bidang arsitektur, perencanaan wilayah dan kota, dan atau perancangan kota, dilengkapi dengan sertifikasi keahlian(SKA) Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku," ujar Ketua Tim Pelaksana Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota Negara Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Rabu (2/10/2019).



Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya ada 11 orang yang akan menjadi dewan juri, salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur yang juga arsitek itu akan terlibat menilai hasil sayembara desain Ibu Kota baru.

"Pemerintah akan melibatkan pihak luar atau swasta dalam sayembara ini. Ada Ridwan Kamil. Mereka nanti akan menilai desain dari individu maupun tim. Kita terbuka pokoknya," ujar Menteri Basuki.

Pemerintah pun tidak segan memberikan hadiah yang menggiurkan bagi para pemenang yang nantinya akan diumumkan pada bulan Desember 2019, antara lain:
Pemenang I: Rp2.000.000.000,00
Pemenang II: Rp1.250.000.000,00
Pemenang III: Rp1.000.000.000,00
Harapan I: Rp500.000.000,00
Harapan II: Rp250.000.000,00

Adapun dewan juri yang akan mengevaluasi dan menilai gagasan para peserta yaitu:
1. Ir. Imam Santoso Ernawi, MCM., M.Sc.
2. Ir. Andy Siswanto, M. Arch., Ph.D.
3. Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, M. Arch., Ph.D.
4. Prof. Ir. Wiendi Nuryanti, M. Arch., Ph.D.
5.Prof. Dr. Masjaya, Msi.
6. Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP., Ph.D.
7. Ir. Ridwan Kamil, MUD.
8. Nyoman Nuarta.
9. Dr. Ir. Danang Priatmodjo, M.Arch.
10. Ir. Ikaputra, M.Eng., Ph. D.
11. Dr. Ir. Denny Zulkaidi, MUP.
12. Ir. Bintang Agus Nugroho, GP., IALI.
13. Daliana Suryawinata, ST., M. Arch., IAI.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak