alexametrics

Darmin Optimis Inflasi Akhir Tahun Terkendali

loading...
Darmin Optimis Inflasi Akhir Tahun Terkendali
Menko Perekonomian Darmin Nasution. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, optimis inflasi akan terkendali hingga akhir tahun. Dirinya meyakini inflasi akan terjaga di level 3,4%, berada di bawah target pemerintah tahun 2019, yaitu 3,5%.

"Saya kira hingga akhir tahun inflasi akan di bawah 3,5%, barangkali di 3,4%. Sekarang kan 3,3% secara tahunan," ungkapnya ditemui di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Darmin juga menepis kekhawatiran harga beras yang akan naik diakibatkan musim kemarau. Darmin menerangkan, pemerintah sudah memitigasi risiko tersebut dengan terjaganya pasokan beras di Perum Bulog. Dia pun optimis Bulog akan bisa menjaga ketersedian beras dan stabilitas harga, sehingga diharap tidak berdampak ke inflasi.



"Ya mustinya tidak, walaupun ada yang bilang hati-hati loh mengenai beras, ini kemarau. Iya, walaupun kemarau tapi tidak sangat kering. Masih ada lahan-lahan yang ada irigasinya, jadi enggak usah takut," jelasnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin merilis Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan September 2019 mengalami deflasi 0,27% (month to month/mtm). Sehingga inflasi tahun kalender 2019 (Januari-September sebesar 2,20% dan inflasi secara tahunan berada di angka 3,39%.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak