SUTET Duri Kosambi - Kembangan 500 kV Mulai Beroperasi

Rabu, 02 Oktober 2019 - 22:33 WIB
SUTET Duri Kosambi - Kembangan 500 kV Mulai Beroperasi
SUTET Duri Kosambi - Kembangan 500 kV Mulai Beroperasi
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) terus berkomitmen mewujudkan keandalan listrik sistem Jawa-Bali. Hal itu diwujudkan dengan telah beroperasinya jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilovolt (kV) Duri Kosambi-Kembangan. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut menggunakan tower terbaru dan pertama di Indonesia.

“Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan PLN dalam rangka meminimalisir penggunaan lahan untuk tower SUTET 500 kV. Selain itu, tower ini juga mempercepat pekerjaan erection,” ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) Ratnasari Sjamsuddin di Jakarta, Rabu (2/10/2019)

Menurut dia SUTET 500 kV Duri Kosambi – Kembangan tersebut resmi bertegangan pada 29 September 2019 yang sebelumnya telah dilaksanakan energize pekerjaan SUTET 500 kV Kembangan - Gandul sirkit 1 dan 2 berikut GISTET 500 kV kembangan Diameter 4. Keduanya, kata Ratna, merupakan bagian dari pekerjaan pendukung untuk pengoperasian SUTET 500 kV Duri Kosambi – Kembangan.

SUTET 500 kV Duri Kosambi - Kembangan merupakan proyek transmisi yang sangat penting untuk meningkatkan keandalan listrik di Pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta. Adapun transmisi tersebut akan menyalurkan energi listrik dari PLTU Jawa 7 yang memiliki kapasitas 2x1000 MW sehingga memiliki peran krusial untuk meningkatkan keandalan listrik.

“Untuk proyek ini dibawahi oleh PLN UIP JBB dengan pelaksana PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat (UPP JJBB),” kata dia.

Ia menjelasakan, proyek SUTET 500 kV Durikosambi - Kembangan yang dibangun di sekitar pemukiman padat penduduk ini berlokasi di Jakarta Barat. Di mana 8 dari total 16 titik tower menggunakan lahan existing Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Durikosambi – Petukangan.

“Pelerjaan ini melewati 7 ruas jalan tol Jakarta – Tangerang sehingga keamanan bekerja menjadi perhatian utama bagi PLN UIP JBB dalam menyelesaikan proyek,” kata dia.

Dia melanjutkan, bahwa jalur transmisi Duri Kosambi – Kembangan dengan panjang transmisi 7 kms dengan memanfaatkan 16 tower merupakan bagian dari Jaringan Looping Jakarta yaitu Balaraja – Kembangan – Duri Kosambi – Muara Karang – Priok – Muara Tawar. Pembangunan Jalur Transmisi 500 kV Looping ini dilaksanakan dengan memanfaatkan jalur transmisi 150 kV yang sudah ada dengan mengupgrade atau meningkatkan jalur tersebut.

“Ini merupakan upaya PLN untuk tetap berkomitmen meningkat keandalan walaupun ditengah keterbatasan lahan dan perijinan. Di samping itu, proyek ini memang bertujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya,” terangnya.

Tak berhenti disitu, keberhasilan energize tersebut telah menunjukkan keseriusan PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik sesuai kebutuhan masyarakat. Selain melakukan energize SUTET 500 kV Duri Kosambi– Kembangan, PLN UIP JBB juga sekaligus meresmikan beberapa proyek lain yang sukses energize. Di antaranya adalah Busbar A Suralaya Baru, Busbar B Suralaya Baru, Diameter 4 GISTET 500 kV Suralaya Baru, Busbar A Kembangan, Busbar B Kembangan dan Diameter 4 GISTET 500 kV.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7438 seconds (0.1#10.140)