Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 00:01 WIB
Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian
Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian
A A A
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia menyelenggarakan lomba membangun paket tematik desa wisata dan content creator desa.Kegiatan ini sangat penting bagi daerah, untuk menjadi pemicu Desa Wisata secara aktif melaksanakan fungsinya sebagai pendorong masyarakat dalam memantapkan sadar wisata dan Sapta Pesona.

Desa Wisata merupakan inovasi desa yang harus mampu mewujudkan Sapta Pesona Wisata yang ada di daerah menjadi lebih baik, karena Desa Wisata sangat menunjang daerah terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat.
Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian

Menteri Pemerintahan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo mengatakan, sejauh ini kementeriannya telah berhasil mengentaskan 6000 desa tertinggal dan transmigrasi melalui program kerja yang melibatkan beberapa kementerian.

"Desa Wisata merupakan inovasi desa yang harus mampu mewujudkan Sapta Pesona Wisata yang ada di daerah menjadi lebih baik, karena Desa Wisata sangat menunjang daerah terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat," kara Menteri Eko dalam keterangan tertulis, Kamis (3/10/2019).

Sedangkan 90% pemerintahan desa saat ini sedang gencar mengembangkan potensi pariwisata dengan menggunakan dana desa tersebut dan sejauh ini dirasa sangat berhasil dalam upaya pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan.
Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian

Selain itu, sampai pada tahun 2019 triwulan pertama, berkat kerjasama seluruh kementerian terkait di atas, telah berhasil mewujudkan hampir 2.700 desa mandiri yang saat ini mampu menjadikan potensi desa menjadi sumber pendapatan dan belanja pembangunan.

Hal ini tidak terlepas pula dari peran serta dan kepedulian pemerintah daerah yang terus berupaya mendukung program kerja Kementerian Pemerintahan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, melalui sinergi program yang saling mendukung hal tersebut.
Kurangi Pengangguran, Tingkatkan Perekonomian

Dirjen Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Pemerintahan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufiq Madjid ketika itu juga memaparkan bahwa dari dana desa yang digulirkan selama ini, tercatat 1.214 desa yang berhasil mengembangkan sektor pariwisata.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5267 seconds (0.1#10.140)