alexametrics

Bandara Internasional Kertajati Baru Dipakai Dua Maskapai

loading...
Bandara Internasional Kertajati Baru Dipakai Dua Maskapai
Baru dua maskapai yang tercatat menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk melayani warga Jawa Barat, dimana setiap harinya ada 22 penerbangan take off dan landing. Foto/SINDO Photo
A+ A-
MAJALENGKA - Baru dua maskapai yang tercatat menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk melayani warga Jawa Barat yakni Lion Air dan Air Asia. Dimana setiap harinya ada 22 penerbangan take off dan landing di Kertajati. Adapun Lion Air tujuanya ke Batam, Denpasar, Banjarmasin, Medan, Pekan Baru, Lombok, Makassar, dan Bali. Sementara Air Asia ke Bali, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Untuk diketahui, aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka telah beroperasi secara komersial. Namun jumlah penerbangan sejak Juli 2019 telah mengalami beberapa kali pembatalan penerbangan. Padahal Juni (18/6) lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan operasional penerbangan domestic ke BIJB.

Kepala Unit AirNav Kertajati Muksin melanjutkan, bahwa beberapa penerbangan yang 'cancel' disinyalir karena berkurangnya demand penumpang yang berangkat dari Kertajati, sehingga beberapa penerbangan melakukan pembatalan setelah beberapa kali beroperasi. Namun, hal itu tidak menyurutkan jumlah penerbangan akan terus bertambah.



”Jadwal jumlah penerbangan Departure dan Arrival yang efektif mulai 1 Juli 2019 hingga 26 Oktober awalnya mencapai 28 take off dan landing, namun lama-lama turun menjadi 22 hari dengan dua maskapai yang saat ini terjadwal,” katanya.

Muksin menyebutkan, operasional yang belum maksimal ini disebabkan oleh adanya demand penumpang yang belum mencapai pax sesuai dengan harapan maskapai. Namun menurutnya, hal ini akan membaik setelah pembangunan Tol Cisumdawu rampung yang ditargetkan akan memangkas durasi perjalanan hingga 40 menit mencapai Bandara Kertajati.

”Saat ini yang masih aktif dalam melakukan penerbangan adalah maskapai Lion Air dan Airasia. Padahal sebelumnya beberapa maskapai juga ikut aktif melakukan penerbangan di bandara ini seperti Citilink, Lionair, Transnusa, dan Garuda,” imbuhnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak