alexametrics

Target Pajak Akan Meleset, Kepala BKPM: Potensi Kehilangan Rp200 Triliun

loading...
Target Pajak Akan Meleset, Kepala BKPM: Potensi Kehilangan Rp200 Triliun
Kepala BKPM Thomas Lembong meragukan target penerimaan pajak pada tahun 2019 bakal tercapai, seiring kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong meragukan target penerimaan pajak pada tahun 2019 bakal tercapai, seiring kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Bahkan menurutnya potensi kehilangan dari pajak mencapai sebesar Rp200 triliun.

"Jadi, per hari ini kelihatannya outlook APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negera) 2019 itu kita mungkin kepeleset dari target penerimaan pajak, sampai kehilangan Rp 200 triliun," ujar Kepala BKPM Thomas Lembong di Gedung BPKM Jakarta, Senin (7/10/2019).

Lantaran itu menurutnya pembiayaan infrastruktur di Indonesia jangan sampai membebani APBN, karena itu Kementerian atau Lembaga (K/L) harus mencari pendanaan lain untuk membangun infrastruktur. "Untuk menopang daya saing regional, pembangunan harus jalan terus. Tapi itu dengan biaya yang tidak bergantung dari APBN," jelasnya.



Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penerimaan pajak mencapai Rp801,16 triliun hingga akhir Agustus 2019. Realisasi ini hanya tumbuh 0,21% dari periode yang sama tahun lalu.

Padahal pada Agustus 2018 penerimaan pajak mampu tumbuh dobel digit. Tahun lalu pemerintah mampu mengumpulkan pajak sebesar Rp799,46 triliun, tumbuh 16,52% dari akhir Agustus 2017.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak