alexametrics

Isu Beda Pendapat AS-China Dalam Negosiasi Dagang Bikin Wall Street Jatuh

loading...
Isu Beda Pendapat AS-China Dalam Negosiasi Dagang Bikin Wall Street Jatuh
Wall Street jatuh pada akhir perdagangan, Senin waktu setempat ketika adanya perbedaan pendapat antara Amerika Serikat (AS) dan China dalam babak baru pembicaraan dagang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Wall Street jatuh pada akhir perdagangan, Senin waktu setempat ketika adanya perbedaan pendapat antara Amerika Serikat (AS) dan China dalam babak baru pembicaraan dagang sebagai upaya menyelesaikan perang dagang. Kondisi tersebut membuat investor cenderung berhati-hati saat pembicaraan yang dijadwal berlangsung selama satu pekan ini.

Sebuah laporan menyatakan, AS mau kesepakatan yang komprehensif meliputi perlindungan hak kekayaan intelektual perusahaan Negeri Paman Sam -julukan AS- seperti yang diusung oleh Presiden Donald Trump. Sementara China hanya mau kesepakatan parsial yang berkaitan dengan pembelian produk pertanian AS dan pengurangan tarif impor barang Tiongkok.

Tapi penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mencoba meredam beberapa kecemasan dengan mengatakan, kemungkinan besar negosiator perdagangan AS dan China bisa membuat kemajuan ketika mereka bertemu di Washington. Ditambah terang dia, Amerika Serikat terbuka untuk melihat apa usulan apa saja yang dibawa oleh Beijing untuk mencapai titik temu.



Laju saham sempat diperdagangkan lebih tinggi di sore hari setelah Fox tweeted bahwa Kementerian perdagangan China mengatakan siap untuk melakukan kesepakatan dengan Amerika Serikat pada bagian dari negosiasi. Wakil negosiator perdagangan dari Amerika Serikat dan China membuka putaran baru pembicaraan pada hari Senin dengan tujuan menyelesaikan perang tarif dua negara dalam 15 bulan terakhir.

Sementara Gedung Putih, mengeluarkan pernyataan resmi yang menegaskan bahwa pembicaraan tingkat tinggi, yang melibatkan Wakil Perdana China Liu He, Wakil Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan dimulai pada hari Kamis.

Dow Jones Industrial Average turun 95,7 poin atau 0,36% menjadi 26.478,02 saat indeks S&P 500 kehilangan 13,22 poin atau 0,45% menjadi 2.938,79. Sedangkan komposit Nasdaq merosot 26,18 poin yang setara 0,33% di level 7.956,29.

Tarif konsesi dari Amerika Serikat dan China bulan lalu telah mendorong harapan munculnya resolusi untuk menghentingkan perang dagang berkepanjangan. Kecemasan atas perang Dagang dan indikator ekonomi yang mixed telah diimbangi oleh meningkatnya harapan dari pemangkasan suku bunga ketiga kalinya tahun ini oleh Federal Reserve alias Bank Sentral AS.

Investor akan segera mengalihkan fokus mereka ke laporan pendapatan kuartal ketiga yang dimulai minggu depan dimulai dari Bank AS, dan banyak harapan untuk melihat lebih jelas tentang dampak perang dagang di perusahaan Amerika. Analis memperkirakan kinerja laba triwulanan akan sentuh posisi terendah sejak 2016, dengan S&P 500 penghasilan terlihat jatuh hampir 3% dari tahun sebelumnya, berdasarkan data IBES dari Refinitiv.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak