Raih Potensi Transaksi 121,2 Juta Dolar AS di Gamescom Jerman, Indonesia Siap Jadi Pemain Industri Gim Global

Senin, 02 September 2024 - 12:12 WIB
loading...
Raih Potensi Transaksi...
Industri gim Indonesia berhasil membukukan transaksi mencapai 121,2 juta Dolar AS atau setara Rp1,8 triliun pada Gamescom 2024 di Cologne, Jerman pada Rabu (21/8/2024) hingga Minggu (25/8/2024). (Foto: dok Kemendag)
A A A
JERMAN - Industri gim Indonesia mulai menjadi pesaing serius industri gim global. Hal ini terbukti dengan raihan potensi transaksi saat mengikuti pameran Gamescom 2024 yang dihelat di Cologne, Jerman pada Rabu (21/8/2024) hingga Minggu (25/8/2024). Pada pameran gim terbesar di Eropa tersebut, industri gim Indonesia berhasil membukukan transaksi mencapai 121,2 juta Dolar AS atau setara Rp1,8 triliun. Potensi transaksi ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 115,7 juta Dolar AS atau setara Rp1,7 triliun.

“Potensi transaksi yang diraih pada Gamescom 2024 membuktikan bahwa Indonesia siap menjadi pemain di industri gim global. Selain itu, kenaikan potensi transaksi menjadi bukti produk dan talenta Indonesia di sektor gim semakin diminati di pasar global,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardyana Listyowati dalam kesempatan terpisah.

Mengusung slogan “Games from Indonesia”, Paviliun Indonesia memfasilitasi 10 delegasi industri gim Tanah Air sebagai peserta pameran. Kesepuluh delegasi tersebut, yaitu Gambir Studio, Glory Jam, Agate, PT Klapanom Bangkit Berkarya, Fat Racoon Games, Plexus Studio & Oray Studios, Gingersun Games, Niji Games, Frame Rats Digital, dan Berangin Creative.

Selain berpromosi, peserta pameran di Paviliun Indonesia juga dapat melakukan penjajakan bisnis (business matching) melalui akun Meet To Match-Platform Business Meeting and Matching (Gamescom.biz), jaringan personal, dan pertemuan bisnis langsung tanpa reservasi (walk-in meeting).

Penjajakan bisnis juga dilakukan melalui pelayanan informasi ekonomi kreatif dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran Gamescom, misalnya melalui program di media nasional, desain konten promosi masing-masing peserta, serta pembuatan konten promosi video dan media sosial.

Hasil Kolaborasi

Partisipasi Indonesia di Gamescom 2024 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin, Perwakilan Perdagangan Indonesia di Jerman, serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Paviliun Indonesia dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno pada Rabu (21/8/2024). Pada pembukaan tersebut, Dubes Havas didampingi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Kemenparekraf Iman Santosa.

Kemudian, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto, Atase Perdagangan Berlin Bayu Wicaksono, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, serta Ketua AGI Shafiq Husein.

Lebih lanjut, Mardyana mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam keberhasilan Indonesia dalam gelaran Gamescom 2024.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung keikutsertaan Indonesia, serta kerja sama dan antusiasme sektor gim nasional untuk memamerkan kualitas gim Tanah Air kepada masyarakat Eropa melalui Gamescom 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati menjelaskan, partisipasi Indonesia pada Gamescom 2024 telah berjalan lancar dan sesuai rencana. Selain raihan potensi transaksi yang cukup besar, animo pengunjung Gamescom terbilang sangat tinggi terhadap gim Indonesia.

“Indonesia kembali akan bersiap mengikuti gelaran Gamescom pada Agustus 2025 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran gim internasional yang dapat dijadikan acuan lainnya adalah Gamescom Asia Singapura, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show,” ujar Merry.

Gamescom merupakan pameran dagang dan pameran gim terbesar di Eropa yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2009. Pameran ini juga menampilkan turnamen olah raga berbasis peralatan elektronik (mobile e-sport tournaments), pertunjukan musik, presentasi produk, dan penjualan.

Selain itu, Gamescom juga menjadi ajang perekrutan talenta berbakat di industri gim. Di sisi lain, pameran ini menjadi ajang untuk membuka pasar, membangun dan memperluas jaringan, serta memberikan dan meningkatkan pemahaman industri gim kepada masyarakat.

Gamescom 2024 dihadiri lebih dari 335.000 pengunjung yang berasal dari 120 negara. Khusus tahun ini, Gamescom menyiapkan area business-to-business yang diikuti 1.462 peserta pameran dari 64 negara. Selama penyelenggaraan pameran, area bisnis tersebut dikunjungi lebih dari 32.000 orang yang berasal dari Jerman dan luar Jerman.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)