alexametrics

Alotnya Negosiasi Dagang Bikin Rupiah Meradang

loading...
Alotnya Negosiasi Dagang Bikin Rupiah Meradang
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan awal pekan ini diperkirakan melemah dipengaruhi alotnya negosiasi dagang AS-China. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan awal pekan ini diperkirakan melemah, dipengaruhi negosiasi dagang Amerika Serikat (AS) dan China yang masih alot.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memproyeksikan mata uang Garuda bakal bergerak pada kisaran level Rp14.070 sampai dengan Rp14.170 per dolar AS.

"Menurut hemat saya, negosiasi dagang ke depan masih akan alot dan bisa memberikan tekanan ke rupiah lagi. Potensi hari ini rupiah berkisar Rp14.070-Rp14.170 per dolar AS," ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendraa kepada SINDOnews di Jakarta, Senin (14/10/2019).



Dia menambahkan, kesepakatan parsial dari negosiasi dagang masih perlu dituangkan dalam perjanjian yang masih memerlukan waktu sekitar 5 minggu. Agenda berikutnya ada pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk menandatangani kesepakatan tersebut.

"AS sama sekali tidak menghapus tarif yang sudah dibebankan untuk barang-barang impor China yaitu sebesar 25%, hanya menunda menaikan tarif menjadi 30% yang seharusnya berlaku tanggal 15 Oktober ini," jelasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak