alexametrics

BI Berencana QRIS Bisa Dipakai di Luar Negeri

loading...
BI Berencana QRIS Bisa Dipakai di Luar Negeri
Peluncuran QRIS oleh Bank Indonesia. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana memperluas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di luar negeri. Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko, menyebutkan ada tiga tahapan implementasi QRIS agar nantinya bisa digunakan bertransaksi di luar negeri.

Tahapan pertama, sistem buatan BI ini akan difokuskan untuk menyeragamkan transaksi berbasis QR code di dalam negeri.

Tahap kedua adalah incoming. Tahap ini bertujuan memudahkan turis asing yang masuk dan menggunakan alat pembayaran dari luar negeri. Sehingga QRIS bersifat global. Syaratnya tentu harus bekerja sama dan adjusment.



Tahap implementasi terakhir QRIS adalah membuka akses pengguna sistem ini untuk bertransaksi di luar negeri. "Jika tahap ini sudah dijalankan, masyarakat bisa menggunakan uang elektronik untuk bertransaksi berbasis QR Code ketika pergi ke negara lain," ujar Onny di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Ia menambahkan, transaksi di negara lain dimungkinkan karena QRIS akan menggunakan standar global bernama EMV dalam pembuatan kode. QR code berbasis EMV diklaim digunakan di banyak negara, contohnya Malaysia dan Thailand. "Jadi kalau ada pemain global masuk, tinggal adjusment," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak