Tiga Strategi Bank Indonesia Dorong Ekonomi Syariah

Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:08 WIB
Tiga Strategi Bank Indonesia Dorong Ekonomi Syariah
Tiga Strategi Bank Indonesia Dorong Ekonomi Syariah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah menyusun tiga strategi sebagai upaya pengembangan ekonomi syariah. Kepala Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Suhaedi menerangkan, strategi pertama yakni Pemberdayaan Ekonomi Syariah melalui pengembangan halal value chain ditujukan untuk mendukung penciptaan high quality local product.

"Dalam kerangka strategis program pengembangan eksyar, terdapat 3 strategi. Ini diharapkan dapat mendorong perbaikan struktur neraca perdagangan Indonesia baik melalui peningkatan ekspor ataupun substitusi impor, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif," ujar Suhaedi di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Sedangnkan startegi kedua terang dia, yakni dengan pendalaman Pasar Keuangan Syariah melalui peningkatan manajemen likuiditas di keuangan syariah yang ditujukan untuk mendorong penyaluran pembiayaan syariah bagi sektor riil.

"Pembiayaan syariah ini bersumber baik dari sektor keuangan komersial maupun sosial syariah, dan integrasi keduanya untuk mendukung aktivitas usaha ekonomi syariah yang inklusif," jelasnya.

Sedangkan yang ketiga adalah penguatan Riset dan Edukasi yang ditujukan untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi eksyar. "Kita menjadikan Indonesia sebagai global key player dalam berbagai sektor industri halal," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9624 seconds (0.1#10.140)