alexametrics

Genap Setahun, BIG Agent Tegaskan Dorong Pemerataan Ekonomi

loading...
Genap Setahun, BIG Agent Tegaskan Dorong Pemerataan Ekonomi
Di perayaan ulang tahun pertamanya, BIG Agent bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) menggerakkan seluruh Sobat Agent dan juga masyarakat sekitar untuk membantu sesama, dengan melakukan donor darah. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mencapai kesejahteraan yang adil dan inklusif, dengan menghadirkan pertumbuhan ekonomi digital secara cepat dan merata. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI) berharap adanya startup digital yang dapat memanfaatkan jaringan internet cepat (broadband) agar tercapainya inklusi digital melalui pemberdayaan masyarakat.

Pasalnya, data dari World Bank menyebutkan, Human Capital Index Indonesia cenderung rendah di posisi ke-87 dari 157 negara dengan skor 0,53 tahun 2018. Jauh di bawah 5 negara tetangga lainnya, yakni Singapura di posisi 1, Vietnam di posisi ke-48, Malaysia di posisi ke-57, Thailand di posisi ke-68 dan Philipina di posisi ke-82.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) juga menyebutkan baru 8% atau 3,79 juta UMKM dari 59,2 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital. Belum lagi Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040 dengan penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64% dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.



Ralali.com sebagai next generation business platform mendukung pemerintah menciptakan pemerataan ekonomi, dengan membangun platform yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat melalui teknologi digital. BIG Agent platform empower business and people mengkolaborasikan SDM (manusia) dengan inovasi teknologi yang berdampak ke pemilik bisnis untuk mengembangkan usaha secara masif hingga mampu menjangkau market yang belum tersentuh (untapped market).

“Kami menyadari Indonesia sangat luas. Kemudian bonus demografi yang begitu besar, di sisi lain UMKM sebagai penggerak roda ekonomi Negara ternyata belum begitu memanfaatkan teknologi digital. Kesemuanya itu menjadi tantangan bagi kami untuk menghadirkan BIG Agent sebagai teknologi digital yang mampu mengakomodir seluruh potensi tersebut. ” ujar Peter Wijaya, VP of BIG Agent Ralali.com di Jakarta.

Peter menuturkan, aplikasi yang hadir pada 10 Oktober 2018 ini berhasil memberdayakan lebih dari 300.000 Sobat Agent (sebutan bagi pengguna BIG Agent) yang berada di seluruh Indonesia untuk bekerja memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis UMKM dan pelaku bisnis.

Di perayaan ulang tahun pertamanya, BIG Agent bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) menggerakkan seluruh Sobat Agent dan juga masyarakat sekitar untuk membantu sesama, dengan melakukan donor darah serentak pada 14 Oktober 2019. Kegiatan sosial bertajuk "Donor Darah Sobat Agent Untuk Sesama" ini akan dilakukan di 11 kota di Indonesia antara lain, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Padang, Lampung, Purwokerto dan Cirebon.

“Donor darah adalah wujud rasa syukur kami karena telah memasuki usia 1 tahun. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan kepedulian kami kepada masyarakat Indonesia dan juga Sobat Agent bahwa dibalik tubuh yang sehat, selalu terdapat jiwa yang kuat. Sehingga kegiatan sosial Donor Darah tidak hanya bermanfaat bagi sobat agent karena mendorong semangat dalam menjalankan pekerjaan di BIG Agent, namun juga untuk masyarakat luas” ungkap Matius Santoso VP of Human Capital Development Ralali.com.

Sebagai pemain baru dalam dunia startup, BIG Agent dengan misi sosial mendapat respon yang positif melalui ajang bergengsi ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2019 dengan memperoleh 3 (tiga) nominasi sekaligus. Annual Event perusahaan teknologi di ASEAN yang telah diadakan sejak 2015 ini, memberikan penghargaan setiap tahun kepada startup yang berkembang pesat dan menunjukkan potensi besar di masa depan serta membawa dampak positif terhadap ekosistem startup, masyarakat, dan negaranya.

BIG Agent dinominasikan melalui 3 kategori antara lain, Best Life Helper Startup, Best Newcomer dan Startup of the Year. Peter Wijaya mengungkapkan, “Nominasi ini merupakan api penyemangat bagi BIG Agent untuk terus berinovasi kedepannya, selain itu BIG Agent juga bersyukur karena mampu masuk ke dalam 3 kategori ARBSA 2019 sekaligus. Hal ini tak lain karena semangat dan kolaborasi positif dari Sobat Agent, Mitra Agent, pelaku bisnis yang memilih BIG Agent sebagai platform yang mampu mengembangkan usahanya, serta dukungan Pemerintah juga Awak Media di dalamnya," paparnya

Visi dan misi BIG Agent adalah memberikan social impact dengan menciptakan masyarakat yang melek digital serta unggul dan berdaya saing. BIG Agent yakin, bahwa sila ke-lima Pancasila yaitu keadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia diwujudkan pula oleh BIG Agent karena membuka lebar kesempatan dan peluang tenaga kerja di Indonesia untuk sejahtera.

“BIG Agent mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang telah bertransformasi menjadi SDM yang unggul dan berdaya saing. “Pekerjaan BIG Agent dapat dipilih sesuai preferensi dan keinginan. Bagi tenaga kerja yang menjalankan pekerjaan di aplikasi BIG Agent akan mendapat penghasilan. Bahkan ada pula yang menjadikannya profesi karena memberikan pilihan fleksibilitas waktu,” pungkas Matius.

BIG Agent menawarkan pilihan pekerjaan yang utamanya melalui kegiatan promosi secara digital dan offline. Saat ini, Ralali.com telah mencatat lebih dari 700.000 UMKM yang sudah bergabung dan ditargetkan menembus 1 juta UMKM pada 2019. Didukung 300.000 Sobat Agent yang bekerja membantu mengembangkan usaha UMKM dan mitra Ralali.com di 25 provinsi se-Indonesia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak