alexametrics

Jokowi Targetkan Indonesia Jadi Negara Maju dengan PDB USD7 Triliun

loading...
Jokowi Targetkan Indonesia Jadi Negara Maju dengan PDB USD7 Triliun
Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia naik kelas dari negara pendapatan kelas menengah menjadi negara maju pada tahun 2045, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD7 triliun.

"Mimpi kita, cita-cita kita di tahun 2045, pada satu abad Indonesia merdeka, Insya Allah, Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah menjadi negara maju," tandas Jokowi dalam Pidato Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, di Sidang MPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengatakan, di tahun 2045, Indonesia ditargetkan menjadi negara maju dengan kalkulasi pendapatan sebesar Rp320 juta per kapita per tahun, atau Rp27 juta per kapita per bulan. Target lainnya, PDB Indonesia bisa mencapai USD7 triliun.



Dalam pidatonya, Jokowi juga menginginkan Indonesia masuk 5 besar kekuatan ekonomi dunia, dengan tingkat kemiskinan mendekati 0% di tahun 2045. Menurut Jokowi, target tersebut sangat masuk akal untuk dicapai.

"Kita harus menuju ke sana. Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai," kata Jokowi.

Namun untuk mencapai target besar itu, Jokowi menekankan bukan hal yang mudah untuk dicapai. Harus disertai kerja keras, kerja kerja cepat dan kerja produktif.

"Dalam dunia yang penuh risiko, dinamis, dan kompetitif, Indonesia harus terus mengembangkan cara-cara dan nilai-nilai baru. Jangan sampai terjebak dalam rutinitas yang monoton," ujarnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak