alexametrics

Jelang Pengumuman Kabinet, Rupiah Diprediksi Melemah

loading...
Jelang Pengumuman Kabinet, Rupiah Diprediksi Melemah
Jelang pengumuman kabinet, rupiah diprediksi melemah. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin ini diperkirakan berbalik melemah. Hal ini dipengaruhi sentimen negatif penantian sususan kabinet yang bakal diumumkan Presiden Joko Widodo.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan pasar akan mencermati sentimen perlambatan ekonomi global. Sebelumnya, IMF memangkas lagi proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2019 dan 2020.

"Hal ini bisa memberikan sentimen negatif bagi rupiah, selain pasar yang menantikan susunan kabinet baru dari Jokowi-Ma'ruf," ujarnya di Jakarta, Senin (21/10/2019).



Ariston memproyeksikan mata uang Garuda bakal bergerak pada kisaran level Rp14.100 sampai dengan Rp14.170 per dolar AS.

Meski demikian, rupiah kemungkinan bisa mendapat sentimen positif dari meredanya beberapa kekhawatiran, seperti negosiasi dagang AS dan China, serta Brexit. Parlemen Inggris berhasil memaksa Perdana Menteri Boris Johnson untuk meminta perpanjangan tenggat waktu Brexit agar dapat tercapai kesepakatan.

"Sementara dari negosiasi dagang, AS dan China sepakat akan melakukan pembicaraan lanjutan untuk memfinalisasi kesepakatan parsial yang sudah dicapai. Pertemuan APEC di Chile bulan November mendatang menjadi target penandatanganan perjanjian dagang AS dan China," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak