alexametrics

IMF Prediksi Ekonomi China Merosot di Bawah 6% pada 2020

loading...
IMF Prediksi Ekonomi China Merosot di Bawah 6% pada 2020
Ekonomi China diprediksi melambat di bawah 6% pada tahun 2020. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China pada tahun depan akan semakin melemah, bahkan jatuh di bawah 6%.

Melansir dari CNBC, Senin (21/10/2019), dalam laporan World Economic Outlook, IMF mengatakan ekonomi China bisa tumbuh 5,8% di tahun 2020, lebih rendah dari perkiraan 6,1% di tahun 2019. Tahun 2018 lalu, perekonomian China tumbuh 6,6%.

"Ekonomi China yang melambat ini sudah dimilai beberapa tahun terakhir, dan juga seiring perlambatan ekonomi dunia. Tapi ketegangan perdagangan dan geopolitik telah menambah tekanan lebih lanjut pada ekonomi China," terang Tao Zhang, wakil direktur pelaksana IMF dalam Pertemuan Tahunan Bank Dunia-IMF di Washington.



Zhang menambahkan prediksi ekonomi China yang melambat di bawah 6% adalah sesuatu yang "masuk akal" karena China sedang merestrukturisasi ekonominya, untuk berkembang secara lebih berkelanjutan.

Seiring restrukturisasi ekonomi, China akan lebih sedikit mengandalkan utang untuk mendorong pertumbuhan. Sebagai gantinya, mereka akan lebih fokus pada konsumsi domestik.

"Transisi semacam ini membuat pertumbuhan ekonomi China menjadi lebih berkualitas, meski lambat tapi lebih baik," kata Zhang.

Pada Jumat pekan lalu, China mengumumkan ekonominya tumbuh 6% di kuartal III-2019, paling lambat sejak tahun 1992.

Namun Zhang mengatakan pertumbuhan ekonomi yang melambat hingga 6% bukan lah akhir. "Anda tidak akan bisa terus menerus ekonomi tumbuh 10% atau katakanlah 8%, jadi yang penting adalah pertumbuhan yang berkualitas dan keberlanjutan. Jadi soal 5,8% atau di angka berapa, saya pikir masuk akal."

Berbeda dengan proyeksi perlambatan ekonomi China, IMF justru memperkirakan ekonomi global akan pulih. IMF mengkalkulasikan pertumbuhan ekonomi dunia akan meningkat menjadi 3,4% di tahun 2020, setelah perlambatan menjadi 3% di 2019. Dan tahun 2018 lalu, berada di 3,6%. Perlambatan ekonomi dunia saat ini, kata IMF, disebabkan perang dagang AS-China.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak