Mengenal Pertamax Green, Jenis BBM Baru Pengganti Pertalite yang Mulai Dibatasi

Sabtu, 07 September 2024 - 08:42 WIB
loading...
Mengenal Pertamax Green,...
PT Pertamina (Persero) terus memperluas penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus memperluas penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan, yakni Pertamax Green 92. BBM ramah lingkungan yang digadang-gadang menjadi pengannti Pertalite ini dibuat dengan campuran etanol 7%.

Perluasan penjualan produk BBM hijau juga dilakukan untuk produk Pertamax Green 95. Produk BBM dengan nilai oktan 95 ini dihasilkan dari pencampuran bioetanol 5% dengan pertamax.

Baca Juga: Dirut Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran LPG 3 Kg di Tangsel Lancar

Pertamina secara resmi telah memperkenalkan produk Pertamax Green 95 pada Juli 2023 lalu. Namun, hingga kini penjualannya masih terbatas. Pada 2024, SPBU yang menjual Pertamax Green akan terus diperbanyak.

Harga Pertamax Green 95 per 1 September 2024 adalah Rp13.650 per liter. Sementara, Harga Pertamax Green 92 di SPBU Pertamina berkisar antara Rp12.500–Rp13.900 per liter. Rencananya kedua produk unggulan Pertamina ini akan diluncurkan secara bersamaan tahun ini.

Baca Juga: Dirut Pertamina Turun Langsung Cek Ketersediaan LPG 3 Kg di Surakarta

Pertamax Green memiliki sejumlah keunggulan;

1. Ramah lingkungan

Pertamax Green mengandung etanol dari molase tebu yang merupakan bahan bakar nabati. Dengan adanya etanol ini, Pertamax Green dapat membantu mengurangi emisi kendaraan bermotor.

Melalui pencampuran bensin dengan bahan bakar nabati ini, Pertamina yakin dapat berkontribusi dalam mencapai target nasional untuk mencapai bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 31 persen pada 2050.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)