alexametrics

Harga Minyak Stabil Seiring Optimisme Perdagangan AS-China

loading...
Harga Minyak Stabil Seiring Optimisme Perdagangan AS-China
Harga minyak stabil seiring kemajuan pembicaraan dagang AS dan China. Foto/Reuters
A+ A-
NEW YORK - Harga minyak mentah stabil pada perdagangan Selasa (22/10/2019), seiring tanda-tanda kemajuan pembicaraan dagang Amerika Serikat dan China.

Melansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent International turun 6 sen atau 0,1% menjadi USD58,90 per barel pada pukul 03:09 GMT. Sementara, harga minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) stagnan di USD53,31 per barel.

Presiden AS Donald Trump mengatakan negaranya dan China berupaya mengakhiri perang dagang, dimana perundingan kedua negara terus mengalami kemajuan. Dan berencana melakukan teks kesepakatan perdagangan fase pertama pada bulan November depan, saat pertemuan puncak APEC.



Kemajuan pembicaraan dagang AS-Chian disambut positif pasar minyak ditengah kekhawatiran perlambatan ekonomi dunia. "Pasar komoditas optimis meski tetap hati-hati merespon kemajuan kesepakatan perdagangan Amerika Serikat dan China," kata bank ANZ dalam sebuah catatan.

Kekhawatiran ekonomi global telah membebani harga minyak belakangan ini. Harga minyak Brent telah jatuh 22% dari level puncaknya di bulan April. Sementara harga WTI sekarang telah merosot 20%.

Selain kekhawatiran ekonomi global, melemahnya harga minyak saat ini karena Rusia memompa minyak lebih banyak pada September lalu, melewati batas kesepakatan dengan OPEC. Sejak awal tahun, Rusia dan OPEC setuju memangkas produksi demi menopang harga.

Peningkatan produksi dan pasokan juga terus dilakukan AS. Pasokan minyak mentah Negeri Abang Sam telah meningkat selama enam minggu berturut-turut, termasuk pekan hingga 18 Oktober.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak