alexametrics

Ini Daftar Lengkap Menteri Ekonomi di Kabinet Kerja Jilid 2

loading...
Ini Daftar Lengkap Menteri Ekonomi di Kabinet Kerja Jilid 2
Formasi lengkap tim ekonomi Jokowi dalam kabinet barunya akhirnya diumumkan. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemerintahan kabinet jilid kedua Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akhirnya mengungumkan menteri ekonominya. Dalam hal ini ada beberapa nama lama yang masuk untuk menduduki jabatan di bidang keekonomian. Jokowi sebelumnya mengatakan, para menteri ekonomi akan menjalankan visi dan misinya dalam meningkatkan ekonomi Indonesia.

"Tidak ada visi dan misi menteri, adanya visi dan misi Presiden jangan kroupsi dan bekerja dengan baik," tegas Presiden di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

SINDOnews merangkum nama-nama menteri ekonomi di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sebagai berikut:



1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi salah satu menteri wajah lama yang tampak di Istana. Sebelumnya, Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Jokowi mengatakan pemilihanan Airlangga dikarenakan kepentingan untuk mengembangkan industri nasional.

2. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan
Luhut Binsar Panjaitan yang dipercayai kembali menduduki jabatan Kementerian bidang Kemaritiman, namun dengan tambahan tugas yang dalam nomenklatur baru turut mengurus investasi. Mengenai pilihan ini, Jokowi mengatakan Luhut sangat handal dalam menanganti investasi. "Dalam rangka menangani hambatan investasi dan merealisasikan invedtasi, komitmen terbesar ada di tangan beliau," kata Jokowi.

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani
Setelah datang ke Istana Selasa (22/10) lalu, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa Jokowi memintanya untuk menyampaikan statusnya yang tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan ke publik.Jokowi mengatakan Sri Mulyani bisa mengelola utang dan menekan defisit transaksi berjalan. "Dia sangat ramah investasi, rasio utang terhadap PDB dan urusan current account defisit beliau sangat handal," pujinya.

4. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah mengaku diminta membantu Presiden Jokowi dalam pemerintahan periode keduanya bersama Ma'ruf Amin. Ida mengaku membicarakan soal lapangan kerja, meningkatkan kapasitas bekerja dan perlindungan pekerjaan migran. Jokowi pun menegaskan bahwa Ida sangat bisa menangani permasalahan tenaga kerja.

5. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang
Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang dipastikan lanjut menjadi menteri untuk periode kedua. Namun begitu, posisinya akan berbeda dari sebelumnya. Seperti diketahui Agung Gumiwang pada periode 2014-2019 menjabat sebagai menteri sosial. sedangkan untuk periode kedua Jokowi ini, dia ditunjuk sebagai menteri perindustrian.

6. Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Supartmanto
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa Agus Suparmanto akan menjadi salah satu calon menteri di Kabinet Kerja Jilid 2. Seusai bertemu Jokowi, Agus dipastikan mengurus sektor perdagangan.

7. Menteri ESDM Arifin Tasrif
Siapa mengisi pos menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) yang baru akhirnya terjawab setelah Jokowi mendapuk Arifin Tasrif, Duta Besar Indonesia untuk Jepang saat ini, untuk menangani kementerian tersebut.

8. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Presiden Joko Widodo kembali memanggil Basuki Hadimuljono untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan selama lima tahun belakangan. Basuki akan kembali menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada masa Kabinet Kerja jilid kedua.

9. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali menduduki jabatan yang sama untuk periode 2019-2024. Budi saat dipanggil ke Istana kemarin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang kembali diberikan kepadanya. Budi Karya mengaku diberi amanah untuk terus membangun konektivitas antar wilayah di Indonesia.

10. Menkominfo Jhonny G Plate
Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate, dipastikan menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di periode kedua pemerintahan Joko Widodo.

11. Menteri KLHK Siti Nurbaya
Politikus Partai Nasdem, Siti Nurbaya menjadi salah satu menteri yang dipertahankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua. Siti akan melanjutkan tugasnya untuk mengurus masalah hutan dan lingkungan hidup sebagaimana periode pertama.

12. Menteri KKP Edi Prabowo
Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo ini mengisi jabatan yang sebelumnya diduduki Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

13. Menteri Desa Abdul Halim
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar ikut dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/10) lalu. Abdul Halim merupakan kakak kandung Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

14. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil
Soffyan Djalil dipastikan kembali menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dia diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menuntaskan masalah pertanahan yang belum selesai.

15. Menteri BUMN Erick Thohir
Sebagai profesional, Erick Thohir akhirnya diplot sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggantikan Rini Soemarno. Sebelum menjadi Ketua TKN, Erick dikenal sebagai pengusaha muda dan sukses dengan kekayaan yang ditaksir mencapai Rp12 triliun.

16 Menteri UKM Teten Masduki
Mantan Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki kembali diberikan dipercaya Presiden Jokowi untuk bergabung dalam kabinet menjabat sebagai menteri yang mengurusi sektor kerja terbesar saat ini, UKM.

17. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnu Utama
Salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi ini sejak awal mengakui bahwa dirinya diminta untuk membantu Presiden Joko Widodo mengurusi sektor kreatif. Dalam pemerintahan Jokowi periode ini, Wishnutama didapuk sebagai Menteri Pariwisata dan

18. Menristek Bambang Brodjonegoro
Bambangmbang Brodjonegoro kembali bergabung dalam Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua. Bambang yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini mengaku mendapatkan tugas baru yakni menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

19. Menteri Inbestasi dan BKPM Bahlil Lahadalia
Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019 Bahlil Lahadalia masuk Istana untuk mengurusi bidang investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

20. Menteri PPN Suharso Manoarfa
Menggantikan Bambang Brofjonegoro, Presiden Joko Widodo menunjuk Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dalam kabinet periode 2019-2024.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak