alexametrics

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Stabil di 5,05%

loading...
BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Stabil di 5,05%
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2019 akan tetap stabil dan tumbuh psoitif. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengkalkulasi pertumbuhan ekonomi kuartal III berada di 5,05%, secara tahunan (year on year).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal III sebesar 5,05% ini sama dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi kuartal II 2019.

"Angka 5,05% ini karena konsumsi masih bagus, khususnya konsumsi rumah tangga memang masih bergerak sekitar 5%," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Kamis (24/10/2019).



Namun, pertumbuhan ekonomi tersebut melambat dibandingkan kuartal sebelumnya, dimana pada kuartal I 2019, ekonomi tumbuh 5,07%. Pelambatan ini, terang dia, karena dorongan konsumsi dari pemilu sudah tidak ada lagi.

Adapun untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan di 2019, Perry memprediksi berada di bawah 5,2%. Prediksi kisaran pertumbuhan ekonomi 2019 oleh BI berada di rentang 5%-5,4%.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi dunia yang belum kondusif ikut memengaruhi pertumbuhan ekonomi domestik. Untuk itu, pemerintah akan terus memperbaiki ekspor.

"Kami akan melakukan perbaikan ekspor, antara lain dengan ekspor produk manufaktur seperti ekspor kendaraan bermotor ke negara ASEAN. Dan ekspor emas yang mulai tumbuh positif," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak