Hulu ke Hilir Tol Listrik Sulawesi Tahap I Dimaksimalkan

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 14:20 WIB
Hulu ke Hilir Tol Listrik Sulawesi Tahap I Dimaksimalkan
Hulu ke Hilir Tol Listrik Sulawesi Tahap I Dimaksimalkan
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Listrik Nasional ke-74, PLN terus menggenjot pemenuhan kebutuhan listrik Pulau Sulawesi. Berawal dari keberhasilan pengoperasian interkoneksi sistem kelistrikan Sulawesi bagian selatan dan sistem kelistrikan Sulawesi Tenggara pada bulan lalu, dilanjutkan dengan perluasan jangkauan Tol Listrik Tahap I yang diupayakan rampung akhir tahun ini, PLN kian menunjukkan kesiapan dalam mendukung pertumbuhan investasi di Sulawesi, baik secara mikro maupun makro.

“Rampungnya Tol Listrik Sulawesi Tahap I membuat PLN berpotensi menghemat Biaya Pokok Penyediaan sebesar Rp77,1 miliar per bulan. Hal ini semakin menunjukkan komitmen PLN dalam mendukung penuh pertumbuhan investasi, kini kita semakin siap menopang kebutuhan listrik Sulawesi mengingat banyak peluang investasi bisnis dari pelanggan Industri disana seperti industri smelter maupun perkebunan,” tutur Direktur Regional Sulawesi Syamsul Huda dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2019).

Dia menambahkan, Tol Listrik Sulawesi Tahap II akan dibangun pada 2020 dengan progres sementara dalam tahap survei lokasi.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi I Putu Riasa mengatakan, Tol Listrik Sulawesi Tahap I ini berhasil menyambungkan Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan sebagian Sulawesi Tengah. “Jaringan transmisi ini membentang sejauh 3.767 kilometer sirkit (kms) dengan 5.687 tower transmisi serta 47 Gardu Induk berkapasitas total 2.648 mega volt ampere (MVA),” tutur Riasa.

Dalam waktu yang berdekatan dengan Hari listrik Nasional, selain akan resmikan Tol Listrik Sulawesi Tahap I, PLN juga akan meresmikan 2 pembangkit listrik di Sulawesi Tenggara dengan total kapasitas 130 MW,” tandas Riasa.

PLN juga bergegas menyelesaikan pembangunan 5 infrastruktur ketenagalistrikan lainnya yang tersebar di Sulawesi Barat, Selatan dan Tenggara. Diupayakan rampung akhir tahun ini, pembangunan dikejar guna memperluas jangkauan Tol Listrik Sulawesi Tahap I.

Adapun pembangunan prioritas ini meliputi 5 (lima) jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV) Mamuju Baru – Pasangkayu, Siwa – Palopo, Tanjung Bunga – Punagaya, Kendari – Puuwatu dan 1 (satu) Gardu Induk berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA) di Topoyo.

Menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan industri, pembangunan prioritas infrastruktur ketenagalistrikan di Sulawesi jelas membutuhkan peran serta dan dukungan dari stakeholder terkait agar dapat berjalan sesuai target dan aturan yang berlaku. Hal tersebut menjadi penting mengingat potensi investasi di Sulawesi yang tentu perlu ditopang dari keandalan dan jangkauan sistem kelistrikan yang tersedia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6080 seconds (0.1#10.140)