alexametrics

SINDOmedia dan OJK Dorong Ratusan UMKM Manfaatkan Pembiayaan Fintech

loading...
SINDOmedia dan OJK Dorong Ratusan UMKM Manfaatkan Pembiayaan Fintech
SINDOmedia bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar talkshow dengan mengusung tema 'Mendorong Pembiayaan UMKM Melalui Fintech'. Foto/Ilustrasi
A+ A-
BANDUNG - Ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Barat didorong untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya pembiayaan melalui Financial Technology (Fintech). Hal ini dikemukakan dalam talkshow yang digelar SINDOmedia bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan mengusung tema 'Mendorong Pembiayaan UMKM Melalui Fintech'.

Dalam talkshow yang diikuti sekitar 100 pelaku usaha dari berbagai sektor di Jawa Barat, menghadirkan tiga pembicara yaitu Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian, dan pengembangan Fintech, Otoritas Jasa Keuangan Munawar, CEO Batumbu Sonny Christian Joseph, dan Kepala Seksi Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat Dikdik Wardiana.

Direktur Konten, Regional, dan Sirkulasi SINDOmedia Pung Purwanto dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan kesempatan luar biasa untuk mengetahui dan mengerti seputar fintech. Tujuannya untuk dorong UMKM agar maju pesat dan lebih produktif. Karena fintech hadir untuk mempercepat proses akses pembiayaan bagi pelaku UMKM.



"Mendorong kemajuan UMKM setidaknya perlu tiga hal, yaitu akses pembiayaan, pengembangan pasar, dan peningkatan SDM," kata Pung di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

Menurutnya UMKM yang jumlahnya cukup banyak, perlu dorongan untuk akses pasar dan kolaborasi, agar lebih kompetitif. Apalagi, saat ini banyak pemain global yang manfaatkan pasar Indonesia. Acara ini diharapkan mendorong UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Acara ini digelar sebagai langkah kita bersama, bergerak lebih produktif berdasarkan platform masing masing. Kita dari media masa khususnya Sindo Media dan UMKM ternyata bisa kolaborasi untuk tingkatkan data saing. Ini adalah bagian dari kemandirian bangsa," imbuh dia.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank II, Otoritas Jasa Keuangan Moch Ihsanuddin mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk mendorong agar UMKM bisa memaksimalkan potensi yang ada. Termasuk akses terhadap perbankan.

"Kami mencoba memfasilitasi upaya pemberdayaan masyarakat, termasuk bagi pelaku usaha. Tapi memang perlu kolaborasi antar pihak. Antara kami OJK, media, dan pelaku usaha untuk bersama sama membangun ekonomi Indonesia," kata dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak