alexametrics

Rencanamu Fasilitasi Pemuda Kurang Mampu Dapatkan Pekerjaan

loading...
Rencanamu Fasilitasi Pemuda Kurang Mampu Dapatkan Pekerjaan
Rencanamu fasilitasi pemuda kurang mampu dapatkan pekerjaan. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Data BPS mencatat Indonesia merupakan salah satu negara dengan profil demografis termuda di dunia dengan lebih dari 138 juta (53,5%) penduduk yang berusia di bawah 30 tahun. Dengan catatan tersebut, dalam 5-8 tahun ke depan, angkatan kerja baru Indonesia akan didominasi Generasi Z.

Dengan demikian, dibutuhkan generasi muda yang produktif dan berperan untuk mendorong transformasi bangsa Indonesia menuju ke generasi emas pada 2045.

Beranjak dari fakta tersebut, Rencanamu, yang sebelumnya bernama Youthmanual, berinisiatif meluncurkan platform persiapan karier, pengembangan talenta dan rekrutmen yang dipersonalisasi berbasis data untuk membantu siswa meningkatkan kebekerjaan atau employability.



Ini sejalan dengan program prioritas pemerintah untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang Nasional (RPJMN & RPJPN).

Dalam program itu, pemerintah berupaya menyiapkan sumber daya manusia berkualitas yang Siap Kerja, Link and Match antara pendidikan dengan industri, serta menaikkan daya saing bangsa di era revolusi industri 4.0.

Founder & CEO Rencanamu, Rizky Muhammad, mengungkapkan, berdasarkan riset yang dilakukan Rencanamu selama 3 tahun terakhir yang mendalami profil data lebih dari 1,6 juta siswa dan mahasiswa pengguna serta riset terhadap industri, ditemukan fakta-fakta mengenai kondisi talenta dan ketimpangan antara supply dan demand.

"Dibutuhkan program intervensi dini bagi siswa yang menyeluruh dan berkesinambungan. Di sinilah peran Rencanamu yaitu memberikan program persiapan karier dan pengembangan talenta yang terstruktur, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan. Platform Rencanamu dapat diakses secara digital oleh seluruh siswa dan mahasiswa, kapanpun dan di manapun," papar Rizky di Jakarta, Rabu (30/10).

Rencanamu pun tengah menjalin kerjasama dengan Rajawali Foundation dalam upaya menyukseskan Proyek Penguatan Koordinasi untuk Pembangunan Ketenagakerjaan Inklusif di Indonesia (SINERGI) fase 2 di Jawa Tengah, Juli 2019-September 2020.

Terkait SINERGI, Direktur Eksekutif Rajawali Foundation, Agung Binantoro, memaparkan SINERGI berupaya membantu pemuda kurang mampu dan rentan, termasuk perempuan dan pemuda penyandang disabilitas agar siap memasuki dunia kerja dan memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan baru atau lebih baik, khususnya di Jateng.

Melalui platform Rencanamu, dapat dilaksanakan proses registrasi, serta asesmen perilaku dan kepribadian terkait pekerjaan tertentu dari 16.000 pemuda kurang mampu dan rentan yang menjadi target Proyek SINERGI.

"Oleh karena itu, kami menggandeng Rencanamu ke dalam proyek SINERGI, khususnya dalam menyediakan platform daring," kata Agung.

Selanjutnya, para pemuda kurang mampu dan rentan itu dinilai, sebelum diseleksi kembali. Nantinya yang lolos bisa mengikuti program kesiapan kerja, pelatihan, dan pemagangan dengan perusahaan yang sesuai dengan hasil penilaian.

"Kami mengharapkan 2.000 pemuda akan lulus dari proyek ini dan memperoleh pekerjaan baru atau lebih baik," tukas Agung.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak