Gubernur BI Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3% pada 2020

Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:20 WIB
Gubernur BI Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3% pada 2020
Gubernur BI Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3% pada 2020
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi pertumbuhan ekonomi global hanya akan mampu mencapai 3% di tahun 2020 jika perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China terus berlangsung.

AS dan China memang tengah merencanakan pertemuan pada November 2019 untuk membahas hubungan perdagangan antara keduanya. Pelaku pasar pun menantikan hasil dari pertemuan tersebut yang diharapkan terdapat kesepakatan untuk meredam perang dagang.

"Kami akan cermati perkembangan ekonomi global. Karena kita tidak tahu Amerika-China akan sepakat atau memburuk. Kalau memburuk, tahun depan ekonomi global mungkin tidak sampai 3,1%, bisa 3% hingga 2,9%," ujar Perry di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Dia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi global bisa mencapai 3,1% pada tahun 2020 jika terjadi perbaikan hubungan dagang antara AS dan China. Proyeksi ini lebih rendah dari perkiraan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang sebesar 3,4%.

Untuk tahun ini, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global sebesar 3%, sama dengan perkiraan IMF. "Asumsinya perang dagang USD250 miliar (pengenaan tarif untuk barang impor dari China ke AS) yang sudah ada, kemudian rencana 25% kenaikan tarif (barang dari China), itu tidak kemudian diperburuk lagi. Semoga terjadi kesepakatan antara AS dengan China bulan depan," jelasnya.

Perry menyatakan, untuk menghadapi kondisi gejolak ekonomi global, BI masih membuka peluang untuk melonggarkan kebijakan menjadi lebih akomodatif. Pelonggaran itu bisa dilakukan melalui kebijakan suku bunga, relaksasi makroprudensial, ataupun penurunan Giro Wajib Minumum (GWM).

"Instrumen-instrumen itu terbuka ruang untuk lebih akomodatif. Tapi kapan dan bagaimana kebijakannya, akan kami cermati dari perkembangan ekonomi global," tandasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)