alexametrics

Inflasi Oktober 2019 Dicatat BPS Capai 0,02%

loading...
Inflasi Oktober 2019 Dicatat BPS Capai 0,02%
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama bulan Oktober 2019 sebesar 0,02% setelah pada periode sebelumnya di September mengalami deflasi. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama bulan Oktober 2019 sebesar 0,02% setelah pada periode sebelumnya di September mengalami deflasi 0,27%. Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan dengan angka inflasi 0,31% maka inflasi Januari sampai Juli mencapai 2,2%.

Sementara inflasi year on year (yoy) atau tahunan sebesar 3,13%. "Dengan inflasi bulan Juli mencapai 0,31%, maka inflasi tahun kalender Januari sampai Oktober mencapai 2,2%. Dan inflasi secara tahunan sebesar 3,13%. Inflasi bulan ini cukup stabil," ujar Suhariyanto di Jakarta, Kamis (1/11/2019).

Lebih lanjut diterangkan, Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,45%. Selanjutnya kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,08%.



Sedangkan kelompok sandang sebesar 0,08% diikuti kelompok kesehatan sebesar 0,30% dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,10%. Sementara kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok bahan makanan mencapai 0,41% dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,08%.

Menurut Suhariyanto, inflasi bulan Oktober lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ke depan dia optimis inflasi ini bakal tetap terjaga sampai akhir tahun. "Inflasi bulan Oktober menunjukkan terkendali dan target akan tercapai," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak