alexametrics

Perry: Penurunan Suku Bunga The Fed Tidak Berpengaruh ke Rupiah

loading...
Perry: Penurunan Suku Bunga The Fed Tidak Berpengaruh ke Rupiah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menyatakan penurunan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, tidak akan berpengaruh besar terhadap nilai tukar rupiah.

Alasan Perry, penurunan suku bunga The Fed sudah diperkirakan oleh pasar. "Penurunan suku bunga The Fed memang sudah di price in pasar," ujar Perry di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Sehingga, kata dia, pelonggaran moneter AS itu sudah terukur oleh pasar. Hal ini membuat investor asing tetap menanamkan dananya di Indonesia. Kepercayaan investor pada Indonesia juga semakin didukung karena fundamental perekonomian yang terjaga.



Dan mekanisme pasar dalam negeri terus bergerak dan berkembang dengan baik secara supply dan demand. Hal ini juga tidak terlepas dengan didorong perbankan maupun pelaku usaha.

"Jadi tidak ada pengaruh yang signifikan mengenai apa yang terjadi di global, termasuk juga penurunan suku bunga The Fed," katanya.

Karena itu, terang Perry, saat ini nilai tukar rupiah tetap bergerak stabil di level Rp14.000 per USD. "Bahkan beberapa kali rupiah bergerak ke bawah Rp14.000 per USD," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak