alexametrics

Politeknik Negeri Jakarta Gelar Diseminasi Budidaya Ikan Patin di Bekasi

loading...
Politeknik Negeri Jakarta Gelar Diseminasi Budidaya Ikan Patin di Bekasi
Program hibah diseminasi tahun 2019 yang digelar PNJ di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melaksanakan program hibah diseminasi tahun 2019 di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi. Program yang berasal dari program riset dan pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi tersebut dilaksanakan PNJ guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua pelaksana program dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PNJ Nining Latianingsih mengatakan, program ini diharapkan bisa membantu masyarakat meningkatkan budidaya ikan patin yang memiliki potensi besar di Desa Cipayung.

"Adapun yang menjadi sasaran kita dari Program Diseminasi, adalah 100 orang dari masyarakat usia produktif, termasuk kelompok Karang Taruna, kelompok ibu-ibu PKK, kelompok UMKM dan kelompok pengurus RT/RW," ujarnya di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Sementara Kepala P3M Politeknik Negeri Jakarta Ida Nurhayati, mengungkapkan program pengabdian masyarakat ditujukan dalam rangka mendekatkan Perguruan Tinggi ke masyarakat dalam mewujudkan Tridharma PT, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun perwakilan dari Risbang Dikti Robby Prayuda menjelaskan, berdasarkan hasil pemetaan lingkungan menunjukkan bahwa budidaya ikan patin punya potensi besar di Desa Cipayung dengan memanfaatkan lahan bekas galian batu bata yang dibiarkan terbengkalai.

"Ikan patin yang banyak dibudidayakan di Desa Cipayung adalah berasal dari varietas siam dan patin jambal karena dinilai lebih tahan terhadap penyakit dan telurnya banyak, sehingga lebih menguntungkan," tuturnya.

Pada program ini pelatihan dilaksanakan dalam meningkatkan usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diberikan oleh akademisi, praktisi dan dari Dinas Koperasi dan dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak