alexametrics

Erick Thohir Ubah Konsep Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Satgas Dibentuk

loading...
Erick Thohir Ubah Konsep Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Satgas Dibentuk
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, telah mengubah konsep mengenai proyek kereta cepat dan telah membentuk satuan tugas (Satgas) untuk memastikan percepatan pembangunan. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, telah mengubah konsep mengenai pembangunan kereta cepat dan telah membentuk satuan tugas (Satgas) untuk memastikan percepatan. Menurutnya satuan tugas itu dibentuk, untuk mengawasi agar Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Satuan tugas tersebut dipimpin oleh Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra. Pasalnya Erick Thohir ingin mempercepat kalau ada suatu masalah yang perlu segera diselesaikan. "Kereta cepat kita sudah bikin task force kemarin di mana pimpinannya pak dirut kereta cepat, saya rubah konsepnya di task force," ujar Erick di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Lebih lanjut Ia berharap, upaya yang dilakukannya bersama dengan jajaran tersebut nantinya bisa membuat pelaksanaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak terkendala lagi. "Jangan sampai nanti delay, kami pernah mengalami di MRT itu delay satu tahun. Lalu LRT Jakarta Bogor juga delay. Nah ini kami coba, kereta cepat ini jangan delay karena akan disambung juga sampai ke Surabaya nantinya. Jadi kalau ini delay, nanti semuanya delay," paparnya.



Sebagai informasi, Pembangunan KA semicepat baru bisa dilakukan pada 2022 karena pemerintah bakal melakukan pembebasan tanah. Tahap awal pengerjaan dilakukan untuk pembangunan satu jalur baru antara Jakarta-Surabaya yang diproyesikan tuntas pada 2024.

Adapun untuk kebutuhan anggaran proyek ini diharapkan tidak berbeda jauh dari perkiraan masa awal perencanaan yakni di angka Rp60 triliun melalui pinjaman dari Pemerintah Jepang. Dari sisi tarif tiket, diperkirakan bisa mencapai Rp500.000 per penumpang dengan masa tempuh 5,5 jam dari Jakarta ke Surabaya dengan jarak 715 km.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak