alexametrics

Optimisme Konsumen Bulan Oktober 2019 Tercatat Melemah

loading...
Optimisme Konsumen Bulan Oktober 2019 Tercatat Melemah
Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga, meskipun melemah pada Oktober 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga, meskipun melemah pada Oktober 2019. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2019 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yakni sebesar 118,4 meskipun lebih rendah dibandingkan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 121,8.

Direktur Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, konsumen yang tetap optimis ditopang oleh persepsi positif terhadap kondisi ekonomi Indonesia saat ini dan ekspektasi ke depan. Hal itu tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang berada dalam zona positif, meskipun mengalami pelemahan.

"Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang menurun terutama disebabkan oleh indeks penghasilan dan indeks ketersediaan lapangan kerja yang lebih rendah," ujar Onny di Jakarta, Selasa (5/11/2019).



Sementara itu, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) juga menurun terutama disebabkan oleh penurunan indeks ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang. Sambung dia menerangkan, survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga yang sedikit meningkat pada 3 bulan dan 6 bulan mendatang (Januari dan April 2020).

Hal ini bila melihat Indeks Ekspektasi Harga tiga dan enam bulan mendatang yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya."Tekanan kenaikan harga 3 bulan mendatang dipengaruhi oleh perkiraan permintaan barang dan jasa yang meningkat pada awal tahun 2020," katanya.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga enam bulan mendatang diperkirakan dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan terhadap barang dan jasa menjelang bulan puasa pada akhir April 2020.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak