alexametrics

Obligasi BRI Oversubscribe 1,38 Kali

loading...
Obligasi BRI Oversubscribe 1,38 Kali
Aktivitas di Bank BRI. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menerbitkan instrumen surat utang atau obligasi pada 7 November 2019 sebesar Rp5 triliun yang merupakan Penerbitan Umum Berkelanjutan III tahap I tahun 2019.

Dalam penerbitan obligasi rupiah kali ini, Bank BRI berhasil menarik minat investor dengan mencatatkan permintaan Rp6,9 triliun atau oversubscribe sebanyak 1,38 kali, melebihi target yang diharapkan sebesar Rp5 triliun.

SEVP Treasury & Global Services Bank BRI, Listiarini Dewajanti, mengatakan investor institusi masih mendominasi pembelian obligasi Bank BRI.



"Pada tahap pertama ini, proporsi penjualan kepada investor institusi sebesar 95% dan investor ritel sebesar 5% dari total dana yang dihimpun," kata Listiarini di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Penjualan kepada investor ritel dilakukan melalui Wealth Management BRI dalam rangka memberikan kesempatan kepada nasabah BRI untuk berinvestasi di pasar surat utang dan berpartisipasi dalam membiayai sektor UMKM di Indonesia.

Pada Penerbitan Umum Berkelanjutan tahap I ini, Bank BRI menerbitkan obligasi dengan 3 seri yaitu Seri A bertenor 1 tahun, Seri B bertenor 3 tahun dan Seri C bertenor 5 tahun.

Obligasi Seri A ditawarkan Rp1,125 triliun dengan tingkat bunga tetap 6,65% per tahun. Obligasi Seri B sebesar Rp2,934 triliun dengan tingkat bunga tetap 7,60% per tahun, dan Seri C sebesar Rp2,844 triliun dengan tingkat bunga tetap 7,85% per tahun.

Adapun surat utang ini nantinya akan resmi dicatatkan di bursa pada 8 November 2019, satu hari setelah tanggal penerbitan.

Para pemegang obligasi ini akan mendapatkan pembayaran kupon pertamanya pada 7 Februari 2020. "BRI akan membayar kupon secara rutin setiap tiga bulan sekali," ungkap dia.

Direktur Keuangan Bank BRI, Haru Koesmahargyo, menambahkan dana yang berhasil dihimpun dari penerbitan Obligasi ini rencananya digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan yaitu memperbesar penyaluran kredit berdasarkan prinsip prudential banking and good corporate governance.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi ini adalah PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premiere, PT Mandiri Sekuritas, PT Samuel Sekuritas Indonesia, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Adapun pembayaran bunga dilakukan pada triwulanan dengan perhitungan 30/360. Obligasi ini mendapat peringkat AAA (Triple A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak