alexametrics

Polri Gandeng BNI Wujudkan Digitalisasi Setoran PNBP Plat Nomor Cantik

loading...
Polri Gandeng BNI Wujudkan Digitalisasi Setoran PNBP Plat Nomor Cantik
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati. Foto/Dok.BNI
A+ A-
JAKARTA - Dalam usianya yang ke- 64 tahun, Korlantas Polri terus melakukan berbagai Inovasi. Setelah sukses meluncurkan Smart SIM bulan September lalu, pada kegiatan Rakernis ini ditampilkan kembali berbagai inovasi Digitalisasi layanan. Salah satunya adalah Ropilnas (Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional), yang disiapkan Korlantas Polri dalam rangka memudahkan layanan kepada masyarakat.

"Selama ini banyak masyarakat mengeluh kesulitan dalam mendapatkan Nomor Polisi Pilihan/NRKB pilihan. Namun, berkat kerja sama dengan BNI, kami meresmikan inovasi baru yaitu kemudahan dalam pembayaran NRKB Pilihan tersebut secara digital, agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif, ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (8/11/2019).

Kini masyarakat yang menginginkan pelat nomor pilihan untuk kendaraannya, hanya cukup datang ke dealer mobil (untuk mobil baru) atau kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama). Dengan menggunakan alat atau Kios Ropilnas yang tersedia ditempat tersebut, pemohon bisa memilih nomor polisi yang dikehendaki sesuai domisili/atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Apabila nomor pilihan tersebut belum digunakan atau masih available, pemohon langsung bisa mengisi e-form pada Kios atau Alat Ropilnas dengan data diri seperti NIK, no HP dan alamat e-mail, kemudian pemohon akan memperoleh kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account BNI untuk kemudian melakukan pembayaran melalui berbagai cashless banking channel seperti mobile banking, SMS banking, ATM & teller, atau outlet BNI maupun bank lain.

"Atas kerja sama dengan BNI, Inovasi layanan Registrasi Online NRKB pilihan sudah berjalan di lima Polda, yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Riau, dan Banten. Selanjutnya akan berjalan juga pada tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan yang tahap tiga 15 Polda. Pada akhirnya semua Polda sudah bisa menggunakan Registrasi Online NRKB Pilihan. Terima kasih kepada BNI yang terus mendampingi Korlantas dalam melakukan berbagai digitalisasi layanan kepada masyarakat," terang Kakorlantas.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi mengungkapkan, sesuai komitmennya, BNI Siap mendukung upaya Korlantas Polri yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat. "Dengan begitu, tercapai road safety bagi pengguna lalu lintas menuju Indonesia maju," ujarnya.

Susi juga menambahkan bahwa kehadiran Ropilnas atau Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional yang diinisiasi oleh Korlantas Polri, menjadi jawaban atau solusi terhadap permintaan masyarakat yang begitu mendambakan kemudahan dalam pembayaran, saat mencari nomor pilihan untuk kendaraan bermotornya. Pembayaran PNBP secara cashless merupakan pembayaran secara nontunai menggunakan kode bayar virtual account, ini merupakan upaya mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri yaitu untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu.

"BNI sebagai bank pemerintah yang selalu melakukan inovasi dan mengusung digitalisasi dalam layanannya siap mendukung program-program digitalisasi Korlantas Polri guna meningkatkan layanan lalu lintas. BNI juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti program Samsat Online, hingga smart SIM," tambahnya.

(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak