alexametrics

Rupiah Loyo di Akhir Sesi, Euro Dekati Level Terendah

loading...
Rupiah Loyo di Akhir Sesi, Euro Dekati Level Terendah
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Jumat (8/11/2019) ditutup mixed alias variatif, setelah hari sebelumnya mencuatkan optimisme. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Jumat (8/11/2019) ditutup mixed alias variatif, setelah hari sebelumnya mencuatkan optimisme usai meninggalkan level Rp14.000 per USD. Namun tren lonjakan itu terhenti, menyusul USD yang tampil perkasa seiring optimisme perdagangan dan membuat euro dekati level terendah.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah merangkak merosot ke level Rp14.010 per USD atau memburuk apabila dibandingkan sesi sebelumnya Rp13.995/USD. Pergerakan harian rupiah pada perdagangan hari ini berada pada kisaran Rp13.990 hingga Rp14.035/USD .

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange juga jatuh menjadi Rp14.014/USD dari sesi penutupan Kamis, kemarin Rp13.997/USD. Rupiah hari ini bergerak di antara Rp14.009-Rp14.026/USD.



Sementara berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah hingga sesi sore terlihat menguat hingga menjadi Rp14.035/USD. Raihan tersebut merayap dari sebelumnya yang bertengger pada posisi Rp14.060/USD.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada zona hijau di posisi Rp14.020 per USD untuk kembali jatuh. Posisi ini memperlihatkan rupiah balik bangkit usai kemarin Rp14.040/USD.

Di sisi lain, Euro bergerak stabil pada perdagangan Jumat meskipun semakin dekat dengan level terendah tiga pekan terhadap dolar AS. Sedangkan USD terangkat oleh optimisme bahwa China dan Amerika Serikat telah sepakat untuk menunda kebijakan tarif.

Euro mendatar pada level 1,10495 terhadap USD setelah kemarin bertengger di 1,10355 pada hari Kamis. Prospek berakhirnya Perang Dagang AS-China meninggalkan kerugian bagi Yen terhadap sebagian besar mata uang utama. Versus dolar, Yen itu menuju level terendah lima bulan dan terhadap dolar Australia mata uang Jepang dekat dengan posisi terburuk 15 pekan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak