alexametrics

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia

loading...
Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia
Mayoritas masyarakat Indonesia pasti pernah ke pasar loak. Banyak alasan mengapa kita ke sana. Selain harganya murah, banyak barang-barang yang adanya hanya di sana. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
MAYORITAS masyarakat Indonesia pasti pernah ke pasar loak. Banyak alasan mengapa kita ke sana. Selain harganya murah, banyak barang-barang yang adanya hanya di sana. Berikut sejumlah pasar loak paling ramai dan legendaris di Indonesia

1. Pasar Triwindu, Solo

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia




Jika Anda mencari aneka barang antik dengan nilai seni tinggi, Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah adalah tempatnya. Betapa tidak, pasar dua lantai ini dipenuhi beragam barang antik di setiap lorongnya.Satu hal yang membuat Pasar Triwindu ramai dikunjungi pembeli, selain karena kelengkapan barangnya adalah karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Bahkan, harga ini bisa diturunkan bila Anda menawar.
2. Pasar Taman Puring, Jakarta

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia


Pasar Taman Puring berada di kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Pasar ini terbagi menjadi dua lantai, dengan ratusan kios yang memenuhi tiap bagiannya. Kebanyakan toko yang ada di pasar ini menjual aneka onderdil kendaraan dan juga peralatan olahraga, ada yang bekas, ada pula bebarapa yang baru. Walau demikian, Pasar Taman Puring didominasi oleh sepatu.3. Pasar Senen, Jakarta

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia


Tak hanya Pasar Taman Puring, pasar barang loak lain yang juga ada di Jakarta adalah Pasar Senen di Jakarta Pusat. Pasar ini sudah bertahun-tahun menjadi pusat belanja pakaian bekas. Mulai dari jaket, celana, jam, kacamata, sepatu, sandal hingga gorden cantik ada di sini.
4. Pasar Gedebage, Bandung

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia


Tak mau kalah dengan Jakarta, Kota Mode seperti Bandung ternyata juga memiliki pasar loak, Pasar Gedebage namanya. Sama seperti Pasar Senen, Pasar Gedebage juga menjadi terkenal sebagai pusat penjualan baju bekas berkualitas. Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan saat belanja di Pasar Gedebage ini, yaitu menawar. Semakin pintar Anda menawar, semakin murah harga barang yang didapatkan.
5. Pasar Cihapit, Bandung

Deretan Pasar Loak Paling Ramai dan Legendaris di Indonesia


Satu lagi pasar loak murah yang ada di Bandung, yaitu Pasar Cihapit. Penamaan pasar ini disesuaikan dengan lokasi pasar yang berada di Jalan Cihapit. Barang yang dijual di Pasar Cihapit didominasi oleh audio mobil dan onderdil bekas.

Data dan Fakta Pasar Tradisional di Indonesia
Data IKAPPI
1. Data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan jumlah pasar tradisional turun drastis dari 13.540 menjadi 9.950 pasar dalam waktu 4 tahun (2007-2011)
2. Total jumlah pedagang pasar tradisional berkisar 12.625.000 orang
3. Pada 2011 terdapat 144 pasar terkena konflik akibat revitalisasi dan 161 pasar hangus karena kebakaran

Data Kementerian Perindustrian
1. Data Kementerian Perindustrian 2007 menyebutkan, jumlah pasar tradisional mencapai 13.750 pasar.
2. Sedangkan merujuk data Kementrian Perdagangan 2011, dari sekitar 9.950 pasar tradisional, sebanyak 3.800 di antaranya telah lenyap.

Pasar rakyat vs pasar modern

1. Pasar rakyat tumbuh melambat -8,1% sementara pasar modern tumbuh 31,4%.
2. Menurut data Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo), pada 2010 masih terdapat sekitar 9.000 pasar yang bangunannya sudah tua dan lebih dari 20 tahun tidak tersentuh renovasi.
3. Sebanyak 70% dari 13.000 bangunan pasar sudah berumur lebih dari 20 tahun.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak