Peruri Digital Entrepreneur Academy Dorong UMKM Global

Selasa, 17 September 2024 - 23:13 WIB
loading...
Peruri Digital Entrepreneur...
Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III memberikan pendampingan dan inkubasi yang mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global. Program tersebut diikuti 25 pelaku UMKM terpilih melakukan pelatihan dan pendampingan selama tiga bulan.

Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Ratih Sukma mengungkapkan, pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama di pasar global sehingga dibutuhkan dukungan yang tepat.

"Kami percaya bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, UMKM mampu beradaptasi dengan tuntutan pasar global dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Ratih dalam pernyataannya, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: FEB Unair Dampingi Pelaku Usaha Desa Besur Lamongan Perluas Pasar Produk Go Global

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III merupakan program berkelanjutan Peruri yang fokus pada pengembangan UMKM sejak 2022. Pada tahun pertama, fokus program ini untuk mengenalkan teknologi digital misalnya pemanfaatan media sosial, e-commerce atau marketplace, dan website bagi UMKM.

Pada tahun kedua, program ini fokus pada penerapan teknologi digital salah satunya penggunaan Peruri SHIELD (tanda tangan digital, stempel digital, e-meterai dan e-invoice) untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas UMKM agar bisa bersaing di era digitalisasi (go digital).

"Sedangkan pada tahun ini, Peruri Digital Entrepreneur Academy fokus pada peningkatan keterampilan dan manajemen untuk ekspansi ke pasar internasional, seperti cara menggunakan platform e-commerce global untuk memperluas jangkauan pasar mereka (go global)," ungkapnya.

Baca Juga: OJK Akan Terbitkan Aturan Kemudahan Akses Kredit Bagi UMKM

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III diikuti oleh UMKM dari berbagai sektor, yaitu fashion, craft, wellness, food, dan commodity. Peserta UMKM juga mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam pameran internasional untuk memamerkan produk mereka di hadapan pembeli global.

"Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III bertujuan untuk memperkuat kapabilitas UMKM di Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar global. Program ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi," ujar dia.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)