alexametrics

Defisit Neraca Pembayaran Indonesia Berkurang, BI: Tekanan Eksternal Mereda

loading...
Defisit Neraca Pembayaran Indonesia Berkurang, BI: Tekanan Eksternal Mereda
BI menerangkan, penurunan defisit Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III 2019 seiring meredanya tekanan ekonomi eksternal bagi Indonesia. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat defisit Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III 2019 menurun menjadi USD46 juta dibanding kuartal II 2019 yang sebesar USD2 miliar. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo membeberkan penurunan defisit NPI tersebut menunjukkan penguatan ketahanan ekonomi eksternal Indonesia.

"Defisit NPI yang membaik disebabkan menurunnya defisit transaksi berjalan serta bertambahnya surplus transaksi modal dan finansial imbas meredanya tekanan ekonomi eksternal bagi Indonesia," ujar Dody di Gedung BI, Jakarta.

Dody melanjutkan investor global merespons sinyal positif dari perbaikan ekonomi Indonesia, antara lain dengan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 yang sebesar 5,02% dan cadangan devisa yang meningkat menjadi USD126 miliar hingga bulan ke sepuluh tahun ini.



"Satu hal saya sampaikan, investor sangat positif lihat Indonesia. Mereka melihat pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 sebesar 5,02%, itu di atas perkiraan pasar. Hal itu memberi 'tone' (warna) positif," jelasnya.

Sebagai informasi, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III/2019 menunjukkan ketahanan eksternal ekonomi Indonesia yang tetap terjaga di tengah kondisi ekonomi global yang melambat. NPI pada kuartal III/2019 membaik dengan mencatat defisit USD46 juta, jauh lebih rendah dibandingkan defisit pada kuartal sebelumnya sebesar USD2,0 miliar.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak