alexametrics

Maybank Foundation dan Maybank Indonesia Laksanakan Program Literasi Keuangan Cashville Kidz

loading...
Maybank Foundation dan Maybank Indonesia Laksanakan Program Literasi Keuangan Cashville Kidz
Maybank Foundation dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk laksanakan program literasi keuangan Cashville Kidz yang dilaksanakan di Jubilee School Jakarta Utara melibatkan 108 siswa.
A+ A-
JAKARTA - Setelah berhasil menyelenggarakan program serupa di Malaysia dan Kamboja, Maybank Foundation bersama PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melaksanakan program literasi keuangan bernama Cashville Kidz di Indonesia. Program dilaksanakan Senin (11/11/2019) ini di Jubilee School, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan melibatkan peserta 108 siswa.

Program ini merupakan bagian dari kegiatan komprehensif yang sedang dilaksanakan Maybank Foundation untuk mengembangkan anak cerdas secara finansial di seluruh wilayah ASEAN.

Cashville Kidz dirancang untuk mendorong generasi muda, khususnya anak-anak di rentang usia 9–12 tahun untuk menjadi lebih mandiri dan bijaksana dalam mengelola keuangan sejak dini. Tujuan program ini adalah untuk membekali anak-anak agar trampil dan memiliki manajemen keuangan yang baik.



Selain itu program ini dirancang agar membuat anak mampu membuat keputusan keuangan yang tepat serta menanamkan kebiasaan menabung dan belanja sebagai konsumen yang cerdas.

Program Cashville Kidz dalam pelaksanaannya bermitra dengan Money Tree Asia Pacific Pte Ltd (Singapura). Di Indonesia, pilot program ini sebelumnya telah dilaksanakan di tiga sekolah dasar (SD) di Jakarta selama Agustus 2019, mencakup SDN 03 Menteng, SD Santa Maria dan SD Santa Ursula dengan jumlah total peserta mencapai 301 siswa.

Hingga akhir tahun program ini diproyeksikan untuk dilaksanakan di sembilan SD yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Total akan ada 12 sekolah yang menjadi penerima manfaat program ini.

Metode pengajaran yang dilakukan Cashville Kidz untuk tingkat dasar menggunakan empat episode seri animasi literasi keuangan yang inovatif dan edukatif. Dalam setiap sesi, diselenggarakan pre dan post test untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan program. Setiap satu seri selesai diakhiri dengan kuis yang disambut siswa dengan antusias. Selanjutnya hasil tes akan diserahkan kepada pihak sekolah.

Siswa yang berpartisipasi umumnya menunjukkan antusiasime selama program berlangsung dan mereka dapat mengikuti cerita dari empat tokoh karakter Cashville Kidz, yakni Sens Andola, Penny Wise, Suzy Spendamore, dan Barry Maveric.

“Anak-anak, yang merupakan target beneficiary program CSR Maybank Indoensia, menjadi fokus dari program ini karena anak-anak adalah calon pemimpin di masa depan sehingga sangat penting untuk menanamkan edukasi literasi keuangan sejak dini,” kata Head, Corporate & Branding Communications Maybank Indonesia, Esti Nugraheni.

"Kami sangat gembira dapat memperkenalkan dan menyelenggarakan program literasi keuangan Cashville Kidz di Indonesia. Cashville Kidz merupakan salah satu program flagship Maybank Foundation, yang telah mengedukasi lebih dari 180.000 siswa di Malaysia, Kamboja dan Filipina. Langkah ini menjadi ekspansi pertama kami ke luar negeri untuk pelaksanaan program yang sangat berhasil dan kami bertujuan untuk memperluas pelaksanaan program secara regional, mewujudkan komitmen Maybank untuk memperkaya masyarakat di mana Maybank berada,” kata CEO Maybank Foundation Shahril Azuar Jimin.

Program Cashville Kidz telah meraih dua penghargaan internasional yaitu Efma–Accenture Innovation Award pada 2013 di Paris dan Global CSR Award pada 2014 di Bali.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak