alexametrics

PLN Resmikan Kabel Listrik Circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung

loading...
PLN Resmikan Kabel Listrik Circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung
PLN resmikan kabel listrik Circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung di Kepulauan Seribu. Foto/SINDOnews
A+ A-
KEPULAUAN SERIBU - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meresmikan kabel laut circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung di Kepulauan Seribu. Acara peresmian dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, General Manager Unit Induk Distribusi PLN Jakarta Raya M. Ikhsan Asaad beserta jajaran, PLT Dinas Perindustrian dan Direktur Utama PT Rekadaya Elektrika Harjono selaku Ketua Kerja Sama Operasional (KSO).

"Sebelumnya kan listrik dan kabelnya dimiliki oleh Pemda tetapi bayarnya malah ke PLN, oleh karena itu pembangunan ini merupakan keberhasilan MoU kami dengan Pemda Kepulauan Seribu," ujar Ikhsan di Kepulauan Seribu, Rabu (13/11/2019).

Ia mengatakan jika jaringan dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung terganggu, maka listrik di Kepulauan Seribu tentunya akan padam, oleh karena itu diperlukan kabel tambahan untuk mendukung energi listrik.



"Panjang kabel ini kurang lebih 5 KM. Kami merasa terhormat telah ditunjuk untuk melaksanakan pembangunan kabel laut dari Pulau Untung ke Tanjung Pasir selama 7 bulan. Alhamdulillah pembangunan ini selesai di bulan Oktober lalu," ujar Harjono.

Harjono menyampaikan bahwa tujuan dari pekerjaan bangunan kabel laut ini adalah untuk membantu percepatan pembangunan dan menjadi sumber energi untuk mengembangkan pariwisata di Kepulauan Seribu.

"Kami sangat berterima kasih kepada ketua KSO, PLN, dan PLT Perindustrian atas selesainya pembangunan kabel ini. Hari ini juga bertepatan dengan ultah Kabupaten Kepulauan Seribu yang ke-18, sehingga kabel ini menjadi hadiah yang sangat istimewa bagi masyarakat sekitar," ungkap Junaedi.

Junaedi menyampaikan bahwa ada penguatan luar biasa yang dilakukan oleh PLN melalui pembangunan kabel ini, dan pihaknya berharap kabel ini juga bisa disambungkan ke pulau lainnya seperti ke Pulau Pari, lalu ke Pulau Tidung, dan selanjutnya.

"Saya pun berharap agar pulau-pulau resort memperoleh aliran listrik pula, karena mereka juga penyumbang besar bagi PAD," tuturnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak