alexametrics

E-commerce Pacu Pertumbuhan Pembayaran Digital

loading...
E-commerce Pacu Pertumbuhan Pembayaran Digital
Peran e-commerce dalam mendorong peningkatan industri pembayaran digital. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Beberapa tahun terakhir, berbagai platform e-commerce bermunculan di Indonesia dan tumbuh pesat. Bank Indonesia bahkan menyebutkan di tahun 2019 ini, jumlah transaksi e-commerce menembus Rp11 triliun hingga Rp13 triliun per bulan.

Berdasarkan prediksi McKinsey, pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat dari total belanja online senilai USD8 miliar pada 2017 menjadi USD55 miliar hingga USD65 miliar pada 2020.

"Sehingga Bank Indonesia mendorong untuk inovasi-inovasi pembayaran (digital) agar bisa berbelanja mudah dan aman," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Bank Indonesia, Pungky Purnomo Wibowo di Acara Ngobrol Tempo di Jakarta, Rabu (20/11 2019).



Semakin berkembangnya pasar e-commerce ini, turut mengubah gaya hidup masyarakat dalam sistem pembayaran. Hal ini dapat terlihat dari beberapa e-commerce yang paling diminati oleh pengguna seperti Shopee dan Tokopedia, dimana terbukti pembayaran elektronik semakin meningkat saat belanja online.

Meskipun belanja dilakukan secara offline, seperti di pusat perbelanjaan, tetapi sebagian besar (70%) responden melakukan pembayaran secara elektronik. Pembayaran elektronik diminati baik oleh laki-laki maupun perempuan dan di semua kelompok usia.

Awareness masyarakat terhadap keberadaan e-commerce pun sudah cukup tinggi. Tingkat awareness kunjungan dan pembelian yang tinggi pada e-commerce telah mendorong pada cara pembayaran secara elektronik.

Saat ini, jenis pembayaran yang paling banyak dilakukan ketika belanja online adalah dengan cara mentransfer uang melalui internet banking atau mobile banking (37%). Cara ini telah menggeser cara transfer melalui ATM (20%). Sementara itu, uang elektronik berada di urutan ketiga sebagai alat pembayaran ketika berbelanja di e-commerce.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak