Emak-emak Taruh Harapan Besar Pada Rizal Ramli untuk Bangkitkan Ekonomi

Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:20 WIB
loading...
Emak-emak Taruh Harapan Besar Pada Rizal Ramli untuk Bangkitkan Ekonomi
35 emak-emak perwakilan dari berbagai komunitas UMKM menaruh harapan besar di pundak Rizal Ramli untuk membenahi ekonomi saat pandemi seperti sekarang ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - 35 emak-emak perwakilan dari berbagai komunitas UMKM yang terafiliasi dalam Perempuan Peduli Nusantara (PPN) sambangi kantor ekonom senior, Dr. Rizal Ramli di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Emak-emak yang berasal dari Jakarta, Aceh, Medan Padang, Lampung, Bogor, Yogya, Solo, Sragen, Lombok, dan Gorontalo ini menyampaikan keluh kesah dan meminta solusi pada Menko Ekuin era pemerintah Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu atas kondisi usaha yang ambruk akibat resesi ekonomi dan juga dampak pandemi Covid-19 atau Corona.

(Baca Juga: Kabar Gembira Nih! Emak-emak Bisa Ngutang KUR Tanpa Bunga Lho )

Ketua Umum PPN, Inge Mangundap mengaku, kecewa dengan berbagai kebijakan tidak populis yang dikeluarkan pemerintah di tengah krisis. Misalnya sebut Inge, kenaikan iuran BPJS Kesehatan, sistem pendidikan online yang menambah beban biaya lantaran harus membeli kuota internet, dan penyaluran dana bansos yang masih semerawut.

"Pemerintah terkesan tak punya hati sama rakyatnya sendiri. Bayangkan, di saat krisis tega-teganya pemerintah naikin iuran BPJS, naikin TDL, dan sebagainya. Harusnya kan perhatikan dong industri kreatif, kredit untuk UMKM ditambah dan dipermudah," cetus Inge di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Inge-pun membandingkan, cara penanganan krisis ekonomi di era pemerintahan Jokowi dengan masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang dinilai lebih bijak dan membuahkan hasil yang sangat bagus.

"Era Gus Dur itu kan arsitek ekonominya Bang Rizal. Faktanya, beliau (red. Rizal Ramli) mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari minus 3 persen ke positif 4,5 persen kurang dari 2 tahun. Bahkan, di tengah krisis, gaji PNS, pensiunan, TNI dan Polri bisa naik 125 persen. Jadi, kita yakin banget kalau Bang RR mampu memperbaiki kondisi ekonomi sekarang ini," ujar Inge.

(Baca Juga: Resesi Global, Rizal Ramli: Indonesia Takkan Rontok seperti Singapura )

Ekonom senior dan mantan Menko Ekuin Rizal Ramli dalam penjelasannya saat menjawab pertanyaan mengatakan, kewajaran atas apa yang dirasakan oleh para ibu-ibu di tengah Covid sekarang ini. Menurutnya, krisis saat ini benar-benar membuat banyak orang nyaris putus asa, gelisah dan tidak adanya tanda-tanda pemerintah punya kemampuan untuk membawa Indonesia keluar dari krisis.

"Saya rasa kekuatan doa dan keinginan rakyat dari Indonesia harus dihargai, mereka betul-betul ingin keluar dari krisis dan kembali normal hidup lebih baik. Sayangnya pemerintah saat ini bisanya hanya ngomong akan ini, akan itu, memang anggaran saja sampai bulan Agustus ini yang terpakai baru 25 persen," paparnya.

Dalam pertemuan tersebut, Rizal Ramli juga memberikan dorongan semangat kepada pelaku UMKM khususnya emak-emak untuk selalu kreatif dan semangat dalam mengembangkan usaha yang ditekuni.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)