alexametrics

Anak Usaha J Resources Dinobatkan Sebagai Penyerap TKDN Terbaik

loading...
Anak Usaha J Resources Dinobatkan Sebagai Penyerap TKDN Terbaik
Penyerahan penghargaan kepada PT J Resources Bolaang Mongondow dalam acara Indonesia Mining Award di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Foto/Dok.JRBM
A+ A-
JAKARTA - PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM), anak usaha PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) mendapatkan apresiasi dari Asosiasi Pertambangan Indonesia (API/IMA) sebagai Perusahaan Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik Perusahaan Mineral.

Pengukuhan sekaligus penyerahan piala penghargaan ini dilakukan dalam acara bertajuk "Indonesia Mining Award" yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (20/11), yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya bagi PT JRBM. Tahun lalu perusahaan tambang emas ini juga meraih predikat terbaik untuk kategori yang sama. Hal ini menujukkan komitmen dan konsistensi perusahaan menggunakan produk dalam negeri di kegiatan operasional tambang.



"Secara regulasi perusahaan tambang diwajibkan untuk mengutamakan produk dalam negeri. Berangkat dari itu, manajemen JRBM punya komitmen untuk mengutamakan produk dalam negeri. Selama ada di dalam negeri untuk apa harus mengimpor," terang Manager Logistik J Resources Subjakto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/11/2019).

Subjakto juga menjelaskan tahun ini PT JRBM menargetkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) naik mendekati 95% dari sebelumnya 91,4% dan dengan tingkat Belanja TKDN dari saat ini 17,5% menjadi 30%. Selama ini belanja terbesar perusahaan adalah bahan bakar, yang semuanya dibeli dari Pertamina. "Ke depan perusahaan akan terus berkomitmen untuk mengutamakan produk yang dihasilkan dalam negeri," tegasnya.

Sebelumnya, PT JRBM juga dinobatkan sebagai kedua terbaik untuk kategori Kepatuhan Pembayaran PNBP Perusahaan Pemegang Kontrak Karya dalam Penghargaan Subroto. Penghargaan yang sama juga diraih PT Sago Prima Pratama (SPP) sebagai kedua terbaik untuk kategori Kepatuhan Pembayaran PNBP untuk Izin Usaha Pertambangan (IUP) Mineral.

Untuk diketahui, penghargaan Subroto merupakan salah satu penghargaan yang diadakan Kementrian ESDM sebagai bentuk apresiasi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor migas, pertambangan, energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan.

Direktur PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) Edi Permadi mengatakan, penghargaan ini bagi perusahaan adalah sebuah apresiasi atas komitmen untuk mengutamakan produk dalam negeri dan kepatuhan dalam pelaporan dan pembayaran royalti serta pemenuhan kewajiban lainnya sesuai nilai dan tepat waktu. "Perusahaan selalu memastikan kepatuhan terhadap seluruh undang-undang dan peraturan terkait," tegas Edi.

Sebagai informasi, PT J Resources Bolaang Mongondow adalah perusahaan pemegang kontrak karya. Perusahaan mengoperasikan tambang emas di Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Sementara PT Sago Prima Pratama adalah anak usaha PSAB yang mengoperasikan tambang emas di Seruyung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak